Advertisement

Tidak Biasa, Bandara Unik Ini Punya Landasan Pacu yang Dilewati Jalur Kereta Api

Lajeng Padmaratri
Rabu, 06 September 2023 - 17:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Tidak Biasa, Bandara Unik Ini Punya Landasan Pacu yang Dilewati Jalur Kereta Api Di Bandara Gisborne, ada landasan pacu pesawat yang dilintasi jalur kereta api fungsional. - unusualplaces.org

Advertisement

Harianjogja.com, GISBORNE—Bandara Gisborne yang terletak di Selandia Baru punya satu hal unik yang mengejutkan pelancong, bahkan mungkin pilot yang membawa pesawat. Pasalnya, bandara itu memiliki jalur kereta api yang melintasi landasan pacu.

Bepergian dengan pesawat menjadi alat transportasi tercepat yang manusia miliki saat ini. Namun, rupanya pesawat juga masih harus berbagi jalur dengan moda transportasi lainnya demi mengantar penumpang, setidaknya di sebuah bandara unik di Selandia Baru.

Advertisement

BACA JUGA: Pesan Tiket KA Bandara YIA Secara Online, Begini Tahapannya

Di Bandara Gisborne, ada jalur kereta api yang melintasi landasan pacu pesawat. Jalur kereta api tersebut masih berfungsi hingga saat ini. Kedengarannya sulit dipercaya, tetapi landasan pacu utama di sini berpotongan dengan Jalur Kereta Api Palmerston Utara - Gisborne.

Tentu saja membayangkan dua jenis transportasi ini bertabrakan sudah membuat pelancong merasa gugup. Namun, lalu lintas kawasan itu terkendali dengan sangat baik.

Melansir Unusual Places, bandara unik seluas 400 hektar itu memiliki landasan pacu utama sepanjang 4.297 kaki. Selain itu, bandara ini juga menyediakan tiga landasan pacu rumput yang diperuntukkan bagi pesawat ringan.

BACA JUGA: Unik, Kendaraan Mode Ganda di Jepang Bisa Jadi Bus Sekaligus Kereta Api

Seringkali kereta atau pesawat berhenti di tengah jalan hingga salah satu dari mereka menyingkir. Tentu saja, tugas ini cukup menantang dan sekaligus berisiko, namun tetap berjalan dengan baik.

Saat ini, Bandara Gisborne hanya digunakan untuk penerbangan regional dan jalur kereta Palmerston North-Gisborne tidak menimbulkan kejadian yang tidak menguntungkan. Tingkat kecelakaan pesawat tahunan juga telah menurun di seluruh dunia.

Jika Anda tertarik dengan bandara unik ini, Anda masih bisa mendapatkan kesempatan untuk mendarat di landasan pacu, yang dilintasi oleh jalur kereta api yang berfungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Apresiasi Perjuangan Garuda Muda di Piala Asia U-23/2024

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement