Advertisement

Profil Menteri PUPR yang Viral Setelah Singkap Pakaian Erick Thohir di Istana Negara

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 18 Agustus 2023 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Profil Menteri PUPR yang Viral Setelah Singkap Pakaian Erick Thohir di Istana Negara Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ditemui di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejak bertingkah lucu karena menyingkap pakaian Menteri BUMN Erick Thohir dalam Upacara HUT RI di Istana Negara kemarin Kamis (17/8/2023), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono viral di media sosial. Profil Menteri PUPR viral ini bisa disimak di bawah ini. 

Bukan Basuki namanya jika tidak berpolah lucu dan gokil. Bahkan teman sekabinetnya Erick Thohir mengakui hal itu dengan menuliskan di Instagramnya kalau Pak Bas diam berarti ada yang salah. "Kalo Pak Bas diem anteng berarti ada yang salah…," tulis Erick dalam caption Instagramnya dikutip Harianjogja.com

Advertisement

Profil Menteri PUPR yang viral sejak kemarin itu pun banyak dicari. Dilansir dari website resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Basuki atau yang akrab disapa Pak Bas memiliki nama lengkap Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc. 

Basuki lahir di Surakarta pada 5 November 1954. Dengan demikian, saat ini ia berusia 68 tahun. 

Baca juga: Momen Kedekatan Prabowo dan Yenny Wahid, Kode Kuat Maju Pilpres 2024?

Pak Bas menempuh pendidikan formal Sarjana 1 di Teknik Geologi Universitas Gajah Mada pada 1979. Kemudian melanjutkan Master of Science, Civil Engineering Colorado State University, USA pada 1989, dan pada 1992 menempuh pendidikan Doctor of Philosophy, Civil Engineering, Colorado State University, USA.

Basuki menjabat sebagai menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo selama dua periode. Periode pertama di Kabinet Kerja Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla periode 2014-2019 dan kabinet kedua yakni Kabinet Indonesia Maju Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sejak 23 Oktober 2019.

Pria yang memiliki hobi fotografi dan bermain musik ini sudah melalangbuana di dunia pembangunan. Ia pernah terlibat dalam Proyek Pengembangan Air Tanah Jawa Tengah (1981-1984), Proyek Pengembangan Air Tanah Nusa Tenggara Timur (1985-1993), Pimpro Induk Pengelolaan Wilayah Sungai (PWS) Ciliwung Cisadane (2000-2001), Direktur Wilayah Tengah, Ditjen Sumber Daya Air (2001-2002), dan juga Kepala Biro Perencanaan & Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal (2002-2003). 

Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Sumber Daya Air (2003-2005), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (2005-2007), Inspektur Jenderal (2007-2013), hingga Direktur Jenderal Penataan Ruang (2013-2014). 

Sebelumnya diberitakan Basuki bertingkah lucu saat Upacara HUT RI ke-78 di Istana Negara. Dalam video yang dibagikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di akun Instagramnya, Menteri PUPR yang kini viral ini justru tertangkap kamera sedang menyingkap pakaian Erick Thohir yang duduk di sampingnya.

Awalnya, saat semua hadirin berdiri tegap dengan sikap sempurnanya, Menteri Basuki justru sibuk merapikan pakaiannya. Basuki kemudian tertangkap kamera sedang melihat ke arah pakaian Erick Thohir. Ia menyoroti bagian perut Ketua Umum PSSI itu.

Entah apa yang ada dalam pikiran Basuki, namun ia seperti ingin tahu dengan cara berpakaian Erick Thohir yang mengenakan pakaian adat warna krem itu. Tanpa malu, Menteri Basuki pun langsung membuka pakaian Erick Thohir. Seketika Erick yang mengetahui tingkah Menteri PUPR itu langsung tertawa sambil tetap mempertahankan sikap sempurnanya di tengah upacara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Otorita IKN Peroleh Hibah Kota Cerdas dari Amerika Serikat Senilai Rp31 Miliar

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement