Advertisement

Cuaca Panas Ekstrem Bisa Memicu Serangan Jantung Fatal? Berikut Penjelasannya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 06 Agustus 2023 - 11:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Cuaca Panas Ekstrem Bisa Memicu Serangan Jantung Fatal? Berikut Penjelasannya Ilustrasi cuaca ekstrem / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Berdasarkan data Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA), suhu global rata-rata Bumi adalah 1,89 derajat F (1,05 derajat C) di atas rata-rata pada bulan Juni, menjadikannya rekor terpanas.

Hasil penelitian baru menunjukkan bahwa suhu yang sangat panas atau dingin dapat meningkatkan risiko serangan jantung yang fatal. Tingkat polusi juga bisa.

Advertisement

BACA JUGA: 15 Cara Mencegah Penyakit Jantung di Usia Muda

Untuk studi tersebut, diterbitkan pada 24 Juli, para peneliti mengamati lebih dari 202.000 kematian akibat serangan jantung di provinsi Jiangsu, Tiongkok antara tahun 2015 dan 2020.

Mereka mencatat risiko yang "terkait secara signifikan" bahwa seseorang akan meninggal akibat serangan jantung jika suhunya naik. sangat panas atau dingin atau terdapat tingkat polusi materi partikulat (PM) yang tinggi.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Sumber Tepercaya, PM mengacu pada partikel padat atau cair di udara, seperti asap, debu, atau kotoran.

“Cuaca ekstrem panas, dingin, atau polusi udara tinggi semuanya dapat berdampak buruk pada kesehatan jantung,” kata Dr. William Prabhu, MD, direktur asosiasi Lab Kateterisasi Jantung dengan NewYork-Presbyterian Hudson Valley Hospital dilansir dari Healthline.

Peneliti dan ahli jantung sepakat bahwa suhu ekstrem dapat meningkatkan risiko serangan jantung yang fatal. Tapi tidak ada definisi keras dan cepat tentang panas atau dingin yang ekstrem.

Apa yang terjadi pada tubuh dalam suhu panas yang ekstrim

Panas ekstrem memicu respons fisiologis untuk membantu tubuh beradaptasi dan bertahan hidup terutama, keringat dan pelebaran pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit.

“Hal ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan lebih cepat untuk mempertahankan aliran darah yang cukup ke organ vital,” kata Tadwalkar. "Beban kerja yang meningkat ini memberi tekanan tambahan pada jantung."

Rsiko ini meningkat ketika orang melakukan aktivitas dengan output kardiovaskular yang tinggi, seperti lari jarak jauh atau berjalan jauh.

Dalam suhu yang lebih panas, orang dapat dengan mudah mengalami dehidrasi, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Dehidrasi dapat menyebabkan sindrom yang dikenal sebagai sinkop, di mana seseorang kehilangan kesadaran karena kekurangan darah ke otak.

Selain cuaca panas ekstrem, cuaca dingin juga berdampak buruk pada kesehatan.

“Cuaca dingin menginduksi vasokonstriksi, mempersempit pembuluh darah, dan akibatnya meningkatkan tingkat tekanan darah dan mengurangi suplai oksigen ke jantung,” kata Dr. Raj Dasgupta, MD, dokter bersertifikat quadruple-board dan Kepala Penasihat Medis untuk Sports Illustrated Showcase .

Saat tubuh Anda bekerja untuk membuat Anda tetap hangat, itu menambah tekanan pada jantung Anda.

Suhu dingin yang berkepanjangan dapat menyebabkan seseorang lebih sering berada di dalam dan duduk.

Dalam cuaca dingin, seorang pasien bisa tidak bergerak selama berbulan-bulan lalu tiba-tiba melakukan aktivitas kardiovaskular dengan output tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement