Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Tega! Twitter Rampas Username X dari Pengguna Tanpa Beri Kompensasi

Taufan Bara Mukti
Kamis, 27 Juli 2023 - 15:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tega! Twitter Rampas Username X dari Pengguna Tanpa Beri Kompensasi Ilustrasi logo Twitter dan foto Elon Musk. - Reuters/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Sejak berubah nama dan logo belum lama ini, kontroversi soal rebranding Twitter menjadi X masih terjadi. Belum lama ini seorang pengguna Twitter mengeluhkan username @X yang dia pakai diambil secara paksa tanpa konpensasi.

Media sosial Twitter resmi mengubah nama dan logo mereka menjadi X pada Minggu (23/7/2023). Perubahan ini juga berdampak pada username perusahaan yang turut berganti dari @Twitter menjadi @X.

Advertisement

Melansir dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com dari Mashable, username X awalnya dipakai oleh Gene X Hwang sejak 2007. Hwang adalah co-founder dari perusahaan foto Orange Photography.

Hwang merupakan satu dari segelintir orang yang beruntung memakai username unik dan hanya terdiri dari satu huruf.

Karena jumlahnya terbatas username yang hanya terdiri dari satu huruf dinilai punya nilai yang besar.

Baca juga: Mahasiswa Merapat! Kampus Ini Punya Segudang Beasiswa Fully Funded 4 Tahun loh

Namun sejak Elon Musk mengganti logo dan nama Twitter menjadi X, username X pun hilang dari akun Hwang. Sebab, Twitter kini mengganti username resmi mereka menjadi @X.

"Saya mendapat email yang mengatakan bahwa mereka [Twitter] mengambil itu [username X]," ucap Gene X Hwang dilansir dari Mashable.

Hwang pun hanya diberi username @x12345678998765 yang jauh lebih inferior daripada username sebelumnya.

Twitter juga memberi opsi Hwang untuk memakai username lain yang belum dipakai, sama seperti pengguna Twitter pada umumnya.

Tanpa Kompensasi

Dia juga mengatakan pihak Twitter tak memberinya kompensasi apapun setelah merenggut username X yang telah ia pakai sejak 16 tahun lalu.

"Akan baik bagi mereka untuk memberi kompensasi untuk itu [username] karena memiliki nilai yang besar untuk saya, tapi beginilah adanya," ujar Hwang dikutip dari Tech Crunch.

Dari laporan Tech Crunch, Twitter berjanji akan memberi Hwang merchandise dengan merek X serta tur ke kantor pusat yang berada di San Francisco, Amerika Serikat. Cuitan pertama Hwang di akun @x12345678998765 berbunyi, "Alls well that ends well" yang kurang lebih berarti "Semuanya baik-baik saja, itu berakhir dengan baik".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Mau Impor Beras Lagi 1,5 Juta Ton di 2023, Ini Alsannya

News
| Kamis, 05 Oktober 2023, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Garrya Bianti, Resort Eksklusif Baru di Jogja yang Cocok untuk Healing Anda

Wisata
| Rabu, 04 Oktober 2023, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement