Advertisement

Sinopsis Oppenheimer, Film Penemuan Bom Atom Tayang Bioskop 19 Juli

Tri Indah Lestari (ST22)
Minggu, 16 Juli 2023 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sinopsis Oppenheimer, Film Penemuan Bom Atom Tayang Bioskop 19 Juli Oppenheimer (2023). (IMDb)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sutradara, Christopher Nolan yang dikenal lewat film ”Interstellar” kini kembali dengan “Oppenheimer,” film biopik yang mengisahkan seputar perjalanan, lika-liku, hingga pencapaian seorang ilmuwan dan penemuan bom atomnya.  

Kisahnya sendiri diadaptasi dari buku karya Martin Sherwin dan Kai Bird  berjudul “American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer.” Tak tanggung-tanggung film akan berlangsung selama tiga jam menampilkan adu peran dari para bintang dunia yakni Cillian Murphy, Emily Blunt, Matt Damon, serta Robert Downey Jr.

Advertisement

Produksi film digadang-gadang menghabiskan biaya hingga US$100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun, sebab Christopher Nolan rela merekam langsung replika ledakan bom atom dibandingkan memanfaatkan teknologi CGI.

Sinopsis Oppenheimer

J. Robert Oppenheimer (Cillian Murphy) seorang ilmuwan ahli fisika lulusan Harvard, Cambridge, dan Goettingen yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Perang dunia II yang masih berkecamuk membuat AS membentuk proyek Manhattan untuk membangun laboratorium rahasia bertujuan menciptakan bom atom.

Ilmuwan kelahiran 22 April 1904 itu pun ditunjuk sebagai penasihat pemerintah di bidang keamanan. Laboratorium rahasia yang tersebar di berbagai lokasi memulai penelitian untuk mengembangkan senjata nuklir itu.

Sampai hari percobaan bom atom tiba Oppenheimer, menyadari betapa besar dampak yang  diakibatkan oleh ciptaannya dan menyesali keputusannya untuk ikut terlibat. Ia pun menyampaikan permohonan agar dilakukan perdamaian.

Permohonan tu justru menimbulkan pertanyaan akan kesetiaan Oppenheimer terhadap tanah airnya dan berakhir kehilangan jabatannya.

Disaat bersamaan mata-mata dari Uni Soviet berhasil mencuri informasi pembuatan bom dan memberikannya ke Rusia guna mengembangkan bom mereka sendiri.

Proyek Manhattan pun dibubarkan, Oppenheimer beralih menjadi anggota Komisi Energi Atom Amerika Serikat dan berusaha penuh untuk membatasi perbanyakan nuklir. Melihat tiap negeri yang berlomba membuat senjata pemusnah massal itu.

Lantas, berhasilkan upaya Oppenheimer menghentikan perbanyakan bom atom di dunia? Saksikan film selengkapnya di bioskop kesayangan Anda yang akan tayang perdana mulai Rabu, 19 Juli 2023 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah International

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement