Advertisement

9 Cara Merawat Kucing Agar Kesehatannya Terjaga

Maya Herawati
Selasa, 04 Juli 2023 - 09:07 WIB
Maya Herawati
9 Cara Merawat Kucing Agar Kesehatannya Terjaga Kucing - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anda yang memelihara kucing, jangan menyangka hanya perlu diberi makan dan minum. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, agar kucing terjaga kesehatannya. Berikut ini tips cara merawat kucing agar tetap sehat seperti dikutip dari petsafe.net:

  1. Rawat Kucing Anda Secara Teratur

Anda mungkin berpikir kucing bisa merawat dirinya sendiri. Singkirkan dulu pikiran itu. Meskipun kucing terkenal sebagai hewan yang menja kebersihannya, namun Anda tetap harus merawatnya dengan rutin. Caranya sederhana, jangan lupa menyikat bulu kucing. Cara ini ampuh untuk mencegah kerontokan bulu kucing dan baik untuk menjaga ikatan Anda dengan si pus kesayangan.

Advertisement

  1. Sediakan Air Bersih 24 Jam/7 Hari

Seperti halnya kita, minum air yang cukup sangat penting untuk kesehatan kucing kita. Hidrasi yang tepat dapat membuat kucing Anda nyaman dan bahagia dengan membantu mencegah masalah kesehatan kucing yang umum seperti infeksi saluran kemih dan penyakit ginjal.

Banyak kucing pilih-pilih tentang air yang mereka minum. Jika Anda pernah memergoki kucing Anda menyeruput dari bak cuci atau mengais-ngais mangkuk airnya, kemungkinan dia lebih suka air yang bergerak.

Ini adalah preferensi umum dan alami di antara kucing! Anda dapat memberi kucing Anda air segar dan mengalir yang disukainya dan mendorongnya untuk minum, meningkatkan hidrasi, dengan alat minum hewan yang airnya mengucur.

  1. Sediakan Kotak Pasir Kucing

Haruskah Anda memiliki lebih dari satu kotak pasir? Mungkin! Aturan umumnya adalah menyediakan satu untuk setiap kucing di rumah Anda, ditambah satu lagi.

Jadi, idealnya jika Anda memiliki dua kucing, Anda harus memiliki tiga kotak pasir. Letakkan di suatu tempat yang selalu dapat diakses kucing Anda, dan di mana dia akan merasa nyaman membiarkan kewaspadaannya turun saat panggilan alam.

BACA JUGA: Tahun Ajaran Baru, Sleman Terapkan Lima Hari Sekolah

  1. Jaga Kebersihan Kotak Pasir

Kucing adalah hewan yang suka kebersihan. Dia tidak suka kotak pasirnya kosong. Bersihkan teratur kotak pasir kucing agar tidak bau dan menyebarkan bakteri. Jangan sampai kucing Anda justru buang air di karpet atau bantal.

  1. Sediakan Tiang Garukan

Menggaruk adalah perilaku alami, sehat, dan penting bagi kucing. Sayangnya, di rumah kita perilaku sehat ini dapat merugikan kita. Kucing biasanya menggaruk sofa, karpet dan furniture. Untuk mencegahnya Anda harus menyediakan tiang garukan, kenalkan kucing dengan papan garukan ini agar tidak merusak furnitur.

  1. Gunakan Gendongan Kucing di Dalam Mobil

Apakah kucing Anda perlu mengunjungi dokter hewan? Atau apakah Anda mengajaknya berlibur? Selalu angkut kucing Anda dalam wadah yang sesuai yang dirancang untuk hewan peliharaan. Membiarkan kucing Anda berkeliaran dengan bebas di dalam mobil dapat mengalihkan perhatian Anda dari mengemudi dengan aman, yang dapat menyebabkan kecelakaan yang dapat membahayakan Anda dan kucing Anda.

  1. Menjaga Pola Makan dan Berat Badan yang Sehat

Sama seperti manusia, anjing, dan banyak hewan lainnya, kucing dapat mengalami masalah kesehatan jika kelebihan berat badan. Dan sama seperti kita, kunci berat badan yang sehat adalah diet dan olahraga.

Untuk menjaga pola makan yang sehat, bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang makanan mana yang terbaik untuk kucing Anda.

Dan dalam hal olahraga, mainan kucing adalah cara yang menyenangkan untuk membuat pikiran dan tubuh kucing Anda tetap aktif. Ada banyak mainan kucing yang membuat kucing Anda bahagia sekaligus menjaganya tetap langsing.

  1. Pertimbangkan Untuk Memandulkan atau Mengebiri Kucing Anda

Penyakit reproduksi bisa serius, dan menyerang kucing jantan dan betina. Memandulkan mencegah infeksi rahim dan kanker ovarium, dan mengurangi risiko tumor mammae pada kucing betina, sementara mengebiri mencegah kanker testis dan beberapa masalah prostat pada jantan.

Pengebirian juga mengurangi keinginan kucing jantan untuk berkeliaran, mengurangi risiko tersesat atau terluka jauh dari rumah.

  1. Jadwalkan Rutin ke Dokter Hewan

Meskipun kucing Anda tampak sehat, Anda harus mengunjungi dokter hewan setidaknya setahun sekali. Kunjungan tahunan memberi dokter hewan kesempatan untuk mengetahui potensi masalah kesehatan pada tahap awal, memberikan vaksin, dan membersihkan gigi kucing Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : petsafe.net

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hujan Badai Diprediksi Terpa Sejumlah Wilayah di Indonesia Hari Ini

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement