Advertisement

Cara Bisa Move On dari Pasangan yang Ketahuan Selingkuh

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 22 Juni 2023 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Bisa Move On dari Pasangan yang Ketahuan Selingkuh Ilustrasi perselingkuhan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Diselingkuhi adalah pengalaman terburuk dalam rumah tangga. Hal ini karena selingkuh merupakan bentuk dari pengkhianatan sebuah hubungan.

Bukan hanya selingkuh saat masih pacaran, selingkuh dalam rumah tangga lebih menghasilkan luka mendalam karena pasangan hidup yang sudah mengikat janji suci perkawinan berpaling ke lain hati. 

Advertisement

Untuk move on dari suami/istri yang selingkuh tentu menjadi hal yang sulit, terlebih jika kita masih memutuskan untuk melanjutkan hidup perkawinan bersama. Bayang-bayang perselingkuhan saat sedang bersama pasangan akan menjadi hal buruk yang terus menghantui benak kita. 

Lantas bagaiman cara agar kita bisa move on dari pasangan yang ketahuan selingkuh dan kita memutuskan untuk tetap melanjutkan hidup dengannya?

Dihimpun dari berbagai sumber, cara pertama agar bisa move on dari pasangan yang selingkuh adalah mencoba memaafkan. Cara ini berat dan bisa jadi nyaris mustahil. Selamanya, pengalaman diselingkuhi pasti akan selalu ada dalam ingatan.

Baca juga: Diduga Hambat Upaya Konsumen Batalkan Langganan Prime, Amazon Digugat

Memaafkan berbeda dengan melupakan. Memaafkan adalah upaya yang bisa dilakukan untuk mengikhlaskan apa yang terjadi, menganggapnya sebagai suatu kesalahan besar yang bisa dilakukan manusia manapun. Dengan memaafkan, proses move on dari pasangan yang selingkuh akan jadi lebih ringan, karena kamu sudah ikhlas dan tidak lagi menjadikannya beban pikiran.

Cara kedua adalah jangan balas dendam. Jika memutuskan untuk kembali kepada pasangan dengan menerima segala keselahannya, jangan balas dendam kepadanya. 

Marah, sakit hati, kecewa, hingga sedih, wajar dirasakan seseorang yang mengetahui pasangannya selingkuh. Namun jangan biarkan emosi mengendalikan diri kita. Sabarlah dan pergi menyendiri sementara waktu untuk menenangkan diri dan berpikir jernih. Hal ini sangat penting untuk menghindari depresi, atau tindakan buruk yang dapat merugikan diri sendiri.

Jangan juga balas dendam dengan melakukan hal yang sama pada pasangan. Ingat bahwa selingkuh adalah hal buruk yang dapat menyakiti hati seseorang, dan balas dendam hanya akan melanggengkan karma buruk dan menjebak kita dalam siklus berulang yang tak berujung. Sadarilah bahwa selingkuh itu adalah bentuk pengkhianatan, apapun alasannya, dan satu-satunya yang bersalah adalah orang yang selingkuh.

Cara ketiga yang bisa dilakukan agar move on adalah meluapkan isi hati kepada orang terdekat. Daripada pura-pura tegar dan baik-baik saja, tidak ada salahnya untuk merangkul emosi dan menerima semuanya. Menangislah sepuasnya, cari orang terdekat yang bisa memberi dukungan dan luapkan emosi rumit yang sedang kita rasakan. Hal ini membantu agar kita bisa berpikir jernih dan mendapatkan masukan-masukan.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba agar move on dari pasangan yang selingkuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TikTok Dilarang Jualan, 6 Juta Penjual dan 7 Juta Kreator Bisa Gulung Tikar

News
| Rabu, 27 September 2023, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement