Advertisement

Tips Traveling yang Murah dan Nyaman di Musim Liburan Sekolah

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 11 Juni 2023 - 18:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Tips Traveling yang Murah dan Nyaman di Musim Liburan Sekolah Ilustrasi traveling keliling dunia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Libur telah tiba-libur telah tiba, hore hore, hatiku gembira. Yah, momen liburan sekolah memang sudah tiba dan saatnya memanjakan putra putri Anda dengan bepergian ke tempat wisata untuk refreshing.

Traveling bersama keluarga termasuk di musim liburan sekolah, menjadi pengalaman yang menyenangkan dan dapat membantu mempererat hubungan keluarga.

Advertisement

BACA JUGA: Tips Liburan di Jogja Agar Menyenangkan dan Berkesan

Namun, traveling bersama keluarga biasanya butuh perencanaan yang lebih matang dan budget lebih besar karena ada banyak ‘warga’ yang harus Anda perhatikan.

Berikut beberapa tips traveling bersama keluarga agar semakin nyaman dan tentunya lebih murah dari Pegipegi. 

1. Pilih Aktivitas & Rekreasi Ramah Anak

Ajak anak untuk berdiskusi tentang kegiatan yang diinginkan di tempat tujuan/destinasi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya anak rewel hingga ribut minta pulang.

Cari destinasi wisata yang menarik bagi anak melalui beragam aktivitas yang ditawarkan, misalnya kebun binatang. Sebagai orang tua, Anda harus mengutamakan kebutuhan anak.

Biasanya, orang tua lebih suka mengunjungi destinasi yang Instagramable untuk berfoto, tapi tidak demikian dengan anak-anak. Hal ini karena anak-anak yang lebih suka bermain akan merasa bosan ketika hanya datang ke destinasi wisata untuk berfoto.

2. Pilih Hotel dengan Fasilitas Ramah Anak

Memilih hotel yang ramah anak menjadi penting. Salah satunya menyediakan fasilitas yang paling disenangi anak seperti kolam renang. 

Jika Anda mencari hotel dengan fasilitas kolam renang, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk memesan hotel di area Banten, Bali, dan DKI Jakarta karena menurut data Pegipegi, ketiga kota tersebut adalah kota dengan hotel yang memiliki persentase tertinggi di Indonesia. 

3. Susun Strategi Hemat saat Traveling

Biaya traveling bersama keluarga sudah pasti lebih mahal ketimbang solo traveling. Maka dari itu, Anda perlu menyusun strategi untuk mencari dan memesan tiket pesawat serta hotel yang murah.

Di antaranya, memilih destinasi yang tepat, memesan di waktu terbaik, mengunjungi tempat wisata gratis hingga menggunakan promo dari online travel agent.

Membahas destinasi yang tepat, berdasarkan data internal Pegipegi pada pencarian tiket pesawat, destinasi berikut mengalami peningkatan dari segi jumlah pencarian sebagai indikator adanya peningkatan permintaan saat liburan sekolah. 

4. Buat Jadwal yang Fleksibel

Usai membahas strategi, selanjutnya Anda bisa mulai mempersiapkan rencana perjalanan. Ingat! Jadwal yang terlalu padat bisa membuat perjalanan terasa lebih melelahkan.

Jadi, Anda disarankan untuk membuat jadwal yang fleksibel sehingga keluarga dapat menikmati waktu bersama dengan santai dan tidak terburu-buru.

Berikut destinasi yang mengalami peningkatan dari segi jumlah pencarian sebagai indikator adanya peningkatan permintaan saat liburan sekolah. 

Destinasi

Peningkatan jumlah pencarian dalam persentase

Padang

27 persen

Denpasar

30 persen

Medan

40 persen

Makassar

47 persen

Surabaya

50 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement