Advertisement

Marvel Cabut Gugatan Hak Cipta Iron Man CS

Jessica Gabriela Soehandoko
Sabtu, 10 Juni 2023 - 12:37 WIB
Jumali
Marvel Cabut Gugatan Hak Cipta Iron Man CS Captain Marvel - Ist/Marvel Studios

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Disney Marvel telah sepakat untuk mengakhiri gugatan hukum dengan empat seniman yang berusaha mengklaim kembali hak cipta atas pahlawan super yang mereka ciptakan, termasuk Iron Man, Ant-Man dan Captain Marvel.

BACA JUGA: Iron Man Sambut Pengunjung

Advertisement

Mengutip pemberitaan Reuters, Sabtu (10/6/2023) mengungkapkan bahwa informasi tersebut diterbitkan oleh pengadilan federal pada hari Jumat (9/6/2023) lalu.

Dalam pengajuan, Marvel menyatakan akan mencabut gugatannya terhadap Larry Lieber dan warisan Don Heck, Gene Colan, dan Don Rico dengan prasangka sehingga gugatan tidak dapat diajukan kembali.

Juru bicara Disney Marvel dan kuasa hukum para seniman mengatakan bahwa mereka telah mencapai penyelesaian yang dengan cara yang baik.

Namun, Marvel tampaknya masih belum sepakat dengan warisan dari seniman komik Steve Ditko, dan berusaha untuk mendapat kembali hak cipta atas Spider-Man dan Doctor Strange.

Kedua belah pihak masih memperjuangkan kemenangan pra-persidangan dalam kasus tersebut di pengadilan federal Manhattan bulan lalu.

Menurut UU Hak Cipta, pencipta dapat mencabut penugasan hak cipta setelah beberapa dekade dalam keadaan tertentu.

Marvel menggugat para seniman yang menulis dan mengilustrasikan komik Marvel sekitar pada tahun 1950, 1960 dan 1970-an setelah mereka mencoba mencabut dan mendapatkan kembali hak cipta terkait beberapa pahlawan super.

Marvel juga berargumen bahwa karya-karya seniman tersebut dibuat sebagai pekerjaan berdasarkan kontrak yang menurutnya mencegah mereka untuk mendapatkan kembali hak cipta.

Para seniman juga mengklaim bahwa mereka juga menciptakan pahlawan super lainnya, seperti Thor, Black Widow, Hawkeye dan Blade.

(Sumber: Bisnis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tahun Lalu, Kemenaker Terima 1.558 Pengaduan soal THR

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement