Advertisement

6 Manfaat Sarapan yang Wajib Kamu Ketahui

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 07 Juni 2023 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Manfaat Sarapan yang Wajib Kamu Ketahui Ilustrasi menu sarapan./ Ist. - Artotel

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASarapan sangat penting bagi tubuh. Biasanya sarapan dilakukan sekitar jam 6 pagi sampai dengan jam 10 pagi setiap harinya.

Sarapan yang dianjurkan untuk tubuh adalah sarapan yang sehat dan ringan. 

Advertisement

Dilansir dari Frisianflag, yang dimaksud menu sarapan sehat yang ringan bagi pencernaan adalah makanan yang dikonsumsi mengandung kadar protein dan serat yang tinggi, namun dengan kadar lemak yang rendah.

Berikut ini enam manfaat sarapan bagi tubuh:

1. Sumber energi lebih

Untuk melaksanakan berbagai aktivitas setiap harinya, tubuh kita pasti membutuhkan energi. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan tubuh Anda dengan mengonsumsi menu sarapan sehat agar energi yang tersimpan di tubuh setara dengan energi yang akan Anda keluarkan setiap harinya.

2. Memberikan nutrisi untuk otak

Sama seperti tubuh, otak juga memerlukan asupan untuk bisa bekerja. Setiap pekerjaan kita pasti memerlukan kerja otak bukan? Nah, dengan mengonsumsi menu sarapan sehat setiap pagi Anda bisa lebih mudah bekerja mencari ide-ide segar dan hal ini tentunya bisa meningkatkan produktivitas Anda lho.

3. Menjaga konsentrasi

Apakah selama work from home ini Anda merasa sulit untuk berkonsentrasi? Mungkin salah satu alasannya bisa jadi karena Anda melewatkan ritual sarapan dan tidak mengonsumsi menu sarapan sehat sehingga konsentrasi Anda menurun. Hati-hati ya!

4. Mencegah penyakit maag

Salah satu keuntungan bila tidak melewatkan sarapan dan mengonsumsi menu sarapan sehat adalah Anda akan terhindar dari penyakit maag, hal ini dikarenakan lambung Anda akan terisi makanan yang memang dibutuhkan sehingga dapat menetralisir asam lambung.

5. Menyehatkan tubuh

Selain mencegah penyakit maag, menu sarapan sehat yang Anda konsumsi di pagi hari juga tentu saja bisa menyehatkan tubuh Anda lho. Salah satunya dari menjauhkan Anda dari kolesterol, karena sarapan bisa mendorong metabolisme tubuh Anda sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolesterol jadi berkurang. Selain itu, sarapan sehat juga dapat mengontrol gula darah dengan baik. Jika kadar gula darah normal, maka Anda akan terhindar dari risiko penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

6. Mengontrol berat badan

Sarapan sehat kok bisa menjaga berat badan? Tentu! Hal ini karena bila Anda mengonsumsi menu sarapan sehat dan tinggi serat di pagi hari maka Anda akan terhindar dari rasa lapar yang berlebih, rasa lapar yang berlebih tentu saja bisa membuat Anda kalap akan makanan. Dengan sarapan yang tinggi serat, saluran pencernaan pun akan lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement