Advertisement

Pakai Korset Jangan Berjam-jam, Ketahui Bahayanya

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 21 Mei 2023 - 20:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pakai Korset Jangan Berjam-jam, Ketahui Bahayanya Ilustrasi korset - hellosehat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh ramping selain dengan mengatur pola makan adalah dengan menggunakan korset. 

Namun perlu Anda ketahui bahwa menggunakan korset tetap ada waktunya. Apalagi jika menggunakan korset setiap hari dalam jangka yang panjang maka bisa menimbulkan masalah serius.

Advertisement

Berikut ini beberapa masalah yang ditimbulkan dari keseringan memakai korset, dilansir dari hellosehat:

1. Masalah pernapasan

Menurut dr. Christopher Ochner, pakar kesehatan dari Mount Sinai Hospital di Amerika Serikat, efek pakai korset terlalu lama bisa membuat Anda sulit bernapas. Lebih lanjut, dr. Christopher Ochner juga meningatkan bahwa beberapa wanita dilaporkan pingsan karena memakai korset terlalu ketat seharian sehingga saluran pernapasannya terhambat. Ini disebabkan oleh kapasitas paru-paru yang menurun akibat terhimpit tekanan kuat dari korset.

Baca juga: Lurah Caturtunggal Ditangkap Terkait Mafia Tanah Kas Desa, Pemda DIY: Jadi Pembelajaran Bagi Perangkat Desa Lain

2. Gangguan pencernaan

Selain masalah pernapasan, Anda yang sering memakai korset atau waist trainer juga rentan terhadap gangguan pencernaan. Pasalnya, sama seperti paru-paru yang terhimpit, begitu juga dengan sistem pencernaan Anda. Usus dan lambung jadi harus bekerja lebih keras dalam menggerakkan dan mencerna makanan. Tekanan dari korset juga bisa memicu penyakit GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease), yaitu kondisi di mana asam lambung naik melawan gravitasi menuju tenggorokann melemahkan katup lambung.

3. Kerusakan bentuk tulang atau cedera

Tulang-tulang wanita dari abad ke-18 yang dipelajari para ahli menunjukkan bahwa penggunaan korset ketat dalam jangka waktu yang lama menyebabkan kerusakan atau kelainan bentuk tulang. Tulang rusuk para wanita di Inggris dan Perancis tersebut membengkok dan membentuk huruf S. Jika sudah lebih parah, kerusakan ini bisa saja mengakibatkan cedera tulang, misalnya retak atau menusuk organ dalam tubuh. Akan tetapi, hal ini belum pernah tercacat dalam sejarah medis.

4. Atrofi organ dalam

Atrofi adalah penyusutan atau pengecilan organ serta jaringan dalam tubuh. Dalam kasus ini, memakai korset setiap hari berisiko menyebabkan atrofi dinding perut dan atrofi otot perut bagian samping (oblique). Akibatnya, bukannya terlihat sehat dan kencang, massa otot di perut pun justru melemah. Jika Anda mengalami atrofi, Anda mungkin jadi tidak kuat berdiri kelamaan tanpa penopang atau sandaran apa pun. Apalagi kalau Anda sedang tidak mengenakan korset.

5. Nyeri punggung bawah

Mengikat pinggang, perut, dan punggung bawah Anda dengan korset akan mengakibatkan peredaran darah tidak lancar. Terutama pada punggung bawah yang bertugas untuk menunjang postur tubuh Anda. Karenanya, punggung jadi terasa nyeri, kaku, dan kebas. Ketika melepas korset pun Anda cenderung membungkuk karena punggung bawah tidak kuat menopang beban tubuh Anda setelah seharian mendapat tekanan berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement