Advertisement

Catat! Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan

Novita Sari Simamora
Sabtu, 20 Mei 2023 - 12:47 WIB
Sunartono
Catat! Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Almond - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Almond bisa menjadi pembangkit nutrisi yang menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan. Kacang almond ini dapat memenuhi kebutuhan harian karena mengandung beberapa vitamin dan mineral penting.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengonsumsi almond, maka coba ambillah segenggam almond, kemudian rendamlah selama satu semalaman. Kupas kulitnya dengan benar. Dilansir dari Times of India dan everydayhealth, Sabtu (20/5/2023), almond ini juga bisa dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Advertisement

Ini 7 manfaat kesehatan penting yang ditawarkan almond bagi tubuh manusia:

1. Almond kaya akan antioksidan

Kita semua tahu betapa pentingnya antioksidan dalam melindungi sel dari kerusakan. Nah, almond adalah salah satu sumber antioksidan terkaya yang melindungi tubuh dari stres oksidatif, peradangan, dan penuaan.

Untuk mendapatkan lebih banyak antioksidan, jangan membuang kulit almond karena beberapa laporan kesehatan mengatakan di sinilah antioksidan paling terkonsentrasi.

manfaat kacang almond

2. Vitamin E berlimpah dalam kacang almond​

Vitamin E adalah salah satu vitamin esensial yang membantu fungsi jantung dan juga terbukti bermanfaat bagi penderita Alzheimer.

Almond kaya akan vitamin E. Sekitar 28 gram almond dapat memenuhi sekitar 50% dari kebutuhan harian vitamin E.

Baca Juga : Apakah Susu Almond Sehat? Ini Kata Ahli Gizi

3. Almond kaya akan magnesium

Nutrisi lain yang membuat almond menjadi makanan yang luar biasa adalah kandungan magnesium yang ada di dalam almond.

Tidak diketahui banyak orang, magnesium melakukan lebih dari 200 fungsi dalam tubuh. Individu yang sehat harus mengonsumsi 420 miligram magnesium setiap hari.

manfaat kacang almond


4. Almond dapat membantu dalam manajemen berat badan​

28 gram almond memiliki 3,5 gram serat dan ini menjadikan almond sebagai sumber serat makanan yang baik.

Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi segenggam almond setiap pagi dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Akibatnya akan mengurangi asupan kalori sepanjang hari dan menjaga berat badan tetap terkendali.

manfaat kacang almond bagi tubuh

5. Almond baik untuk jantung

Jumlah magnesium yang kaya hadir dalam almond membuatnya menjadi makanan yang baik untuk jantung. Beberapa penelitian telah menemukan peran almond dalam mengendalikan tekanan darah.

Antioksidan hadir dalam almond juga meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Kacang almond juga diyakini dapat mengontrol kadar gula darah, kadar yang lebih tinggi memiliki efek merusak pada kesehatan jantung.

manfaat almond bagi kesehatan jantung

6. Almond Bisa Mengurangi Risiko Peradangan

Almond mengandung vitamin E dan  antioksidan yang larut dalam lemak. Vitamin E ini bertugas membangun sel-sel di dalam tubuh dan menangkal tubuh dari radikal bebas yang bisa mengakibatkan peradangan, penuaan, hingga kanker.

Riset menunjukkan bahwa perokok yang rutin mengonsumsi 85 gram almond mengalami pengurangan kadar sel radikal bebas dalam tubuhnya. Sekitar 23-24 persen sel radikal bebas turun setelah almond dikonsumsi setiap hari selama 4 minggu.

almond bisa mengurangi risiko peradangan

7. Almond Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol 'Buruk'

Riset dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa dua dari lima orang dewasa AS memiliki kolesterol tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, menurut CDC. Penting untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda secara teratur, dan jika ternyata Anda bisa mendapat manfaat dari menurunkan kolesterol, kacang almond adalah teman Anda.

Ahli nutrisi di AS mengungkapkan bahwa almond juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebab, almond mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang berperan dalam menurunkan kolesterol LDL 'jahat'. Almond juga dapat meningkatkan kadar HDL, atau kolesterol baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Firli Bahuri Disebut Minta Uang Rp50 Miliar ke SYL

News
| Kamis, 18 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement