Advertisement

Waspadai Kanker Mulut! Ini Jenis dan Gejalanya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 30 April 2023 - 19:37 WIB
Sunartono
Waspadai Kanker Mulut! Ini Jenis dan Gejalanya Ilustrasi kanker mulut - North Sydney

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perlu diketahui ada area spesifik di mulut  yang kerap menjadi tempat kanker mulut tumbuh bersama dengan gejalanya.

Perawatan yang direkomendasikan dokter untuk kanker mulut tergantung pada lokasi kanker yang tepat. Berikut beragam jenis kanker mulut yang harus Anda ketahui

Advertisement

1. Kanker pipi bagian dalam

Kanker pipi bagian dalam juga disebut kanker mukosa bukal. Itu dimulai ketika sel-sel yang membentuk pipi bagian dalam tumbuh tak terkendali, membentuk lesi atau tumor.

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, AS, tanda-tanda kanker pipi bagian dalam bisa meliputi:

bercak putih, merah, atau gelap di mulut, benjolan di dalam jaringan pipi, sakit mulut atau mati rasa, kesulitan menggerakkan rahang, nyeri rahang atau bengkak, rasa sakit atau perasaan bahwa ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan, sakit telinga yang parah, suara serak, gigi goyang atau nyeri di sekitar gigi, dan gigi palsu yang tidak lagi pas.

2. Kanker dasar mulut

Menggunakan produk tembakau dan minum terlalu banyak alkohol secara teratur dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker di dasar mulut.

Tanda paling umum dari kanker jenis ini adalah luka di mulut yang terus membesar. Tanda lainnya termasuk bercak putih, merah, atau gelap di mulut; nyeri mulut dan benjolan di leher.

3. ​Kanker gusi​

Jenis kanker ini dimulai pada gusi bagian atas atau bawah. Gejala mungkin termasuk bercak putih, merah, atau gelap pada gusi; dan gusi berdarah atau retak.

4. Kanker langit-langit keras​

Kanker langit-langit keras dimulai ketika sel-sel yang membentuk bagian tulang langit-langit mulut tumbuh tak terkendali, membentuk lesi atau tumor.

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, AS, tanda yang paling umum dari kanker langit-langit keras adalah ulkus di langit-langit mulut. Saat kanker tumbuh, ulkus bisa berdarah.

5. Kanker bibir​

Sebagian besar kasus kanker bibir terkait dengan penggunaan tembakau, konsumsi alkohol berat, dan paparan sinar ultraviolet dalam waktu lama.

Gejala umum termasuk luka di bibir yang tidak kunjung sembuh; benjolan atau penebalan bibir; dan pendarahan, nyeri, atau mati rasa di bibir.

6. Kanker lidah​

Ada dua bagian lidah Anda - lidah mulut dan pangkal lidah. Kanker dapat berkembang di kedua bagian. Seperti yang dibagikan oleh Memorial Sloan Kettering Cancer Center, AS, gejala kanker lidah antara lain:

bercak merah putih atau gelap di lidah, sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh, bintik atau benjolan yang sakit di lidah yang tidak kunjung sembuh, nyeri saat menelan, mati rasa mulut, berdarah dari lidah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement