Advertisement

Kenali Perbedaan Toner dan Essence, Lebih Baik Pakai yang Mana?

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 28 April 2023 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kenali Perbedaan Toner dan Essence, Lebih Baik Pakai yang Mana? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam dunia produk perawatan wajah seringkali kita melihat toner dan essence disandingkan bersama. Dua produk yang memiliki tekstur hampir serupa ini ternyata memiliki fungsi dan peran yang berbeda.

Simak rangkuman berikut untuk mengetahui perbedaan antara toner dan essence:

Advertisement

Tekstur

Dilihat dari tekstur, toner biasanya lebih cair dan biasa digunakan setelah mencuci wajah untuk mengangkat sisa kotoran ataupun minyak di wajah serta menghidrasi sekaligus menyeimbangkan pH kulit wajah.

Sedangkan essence memiliki tekstur yang lebih kental karena terkandung bahan lebih aktif di dalamnya yang berfungsi untuk melembabkan serta menjaga elastisitas kulit.

Cara mengaplikasikan

Toner biasanya diaplikasikan menggunakan bantuan kapas lalu diusap ke seluruh bagian wajah. Gunakan toner tepat setelah mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah dan sebelum memakai serum.

Baca juga: Viral Antrean Kopi Klotok Mengular Puluhan Meter, Warganet: Demi Lodeh

Sementara essence cukup menggunakan tangan yang bersih untuk mengaplikasikan ke wajah tepat setelah toner dan sebelum memakai serum.

Fungsi dan peran

Toner diformulasikan untuk membantu menyegarkan kulit, menghilangkan sel kulit mati, minyak berlebih, dan menyeimbangkan PH Kulit. Oleh sebab itu toner sering dibedakan menjadi dua yakni hydrating toner dan exfoliating toner. Berkat sel kulit mati dan minyak terangkat, toner juga membantu mengatasi jerawat dan mengecilkan pori-pori.

Fungsi utama essence ialah melembapkan kulit oleh karenanya essence aman untuk semua jenis kulit. Essence membantu kulit untuk menyerap produk skincare, salah satunya menyempurnakan peran serum sebab dapat membantu serum terserap hingga lapisan terdalam kulit tanpa hambatan apapun.

Menggunakan essence secara rutin juga akan menutrisi wajah sehingga menjaga elastisitas kulit serta mencegah penuaan dini.

Lebih baik pakai yang mana?

Seperti yang disampaikan Lucy Shaw seorang manajer strategi pendidikan di MECCA, essence menyempurnakan fungsi serum, tetapi toner akan membantu menyeimbangkan kulit serta membersihkan sel kulit mati dan kotoran sebelum kulit di nutrisi dengan esensi.

"Jika kulit Anda lebih cenderung berminyak, berjerawat, dan tersumbat, saya akan mengatakan memprioritaskan menggunakan toner, karena ini toner akan membantu membersihkan dan menyeimbangkan kulit," kata Shaw.

“Jika kulit Anda kering atau dehidrasi, atau Anda ingin meningkatkan perawatan kulit Anda, gunakanlah essence.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement