Advertisement

Teknik Peregangan saat Pegal Akibat Macet Arus Balik

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 25 April 2023 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Teknik Peregangan saat Pegal Akibat Macet Arus Balik Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jalur darat masih menjadi idola sebagian besar masyarakat Indonesia saat mudik Lebaran. Saking banyaknya peminat jalur darat, kemacetan menjadi tidak dapat dihindari, terutama saat arus balik mudik telah tiba.

Persiapan yang semula membuat tubuh terasa bugar dan fit kini kembali dipenuhi rasa pegal-pegal akibat menghadapi kemacetan arus balik. Salah satu cara mengatasi pegal-pegal di tubuh ialah dengan melakukan peregangan ringan.

Advertisement

Berikut peregangan ringan yang dapat dilakukan saat menghadapi macet saat arus balik mudik.

Leher

Gerakan sisi ke sisi yakni peregangan yang umum dilakukan sebelum berolahraga namun begitu nikmat dilakukan saat leher pegal, mudah saja hanya memutar kepala ke satu sisi, tahan selama lima detik, ganti ke arah lain, kemudian ulangi.

Gerakan memiringkan kepala yakni dengan duduk tegak seraya melihat ke depan kemudian perlahan miringkan kepala ke samping atau menurunkan telinga ke arah bahu. Tahan selama lima detik, dan lakukan gerakan yang sama pada sisi lainnya.

Baca juga: Radiasi Sinar UV Ekstrem Melanda Wilayah Indonesia, Catat Lokasinya

Gerakan menempelkan dagu ke dada, hampir serupa dengan gerakan sebelumnya namun kali ini duduk tegak lalu melihat ke bawah atau menempelkan dagu ke dada, tahan selama lima, lalu ulangi. Secara perlahan gerakkan ini akan meregangkan bagian belakang leher dan kepala.

Kombinasi gerakan dapat diulangi hingga lima kali atau sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Bahu

Putar bahu ke arah belakang atau depan, lakukan ini perlahan beberapa kali, dan cobalah untuk mengangkat bahu lebih tinggi setiap kali menambah peregangan.

Tangan

Luruskan punggung posisikan lengan kanan menyilang di dada dengan punggung tangan kanan menghadap ke dalam. Gunakan tangan kiri untuk menarik lengan kanan atas ke arah tubuh. Tahan lima detik, lepaskan perlahan, lalu ulangi di sisi lainnya.

Pinggang

Melakukan peregangan pinggang sangatlah muda, cukup dengan menegakkan badan lalu busungkan dada, diikuti dengan meletakkan tangan dibelakang pinggang, dan tahan selama 5 detik.

Punggung

Angkat tangan dan letakkan di atap mobil Anda. Dorong ke atap sambil mengencangkan otot perut. Tahan dorongan selama 10 detik sebelum rileks. Ulangi ini sebanyak yang Anda inginkan. Ini melatih otot lengan, bahu, punggung, dan inti secara bersamaan dalam satu gerakan.

Ada pula gerakan lain untuk mengurangi tekanan pada pantat akibat duduk dalam waktu lama. Sederhana saja tinggal memindahkan berat badan Anda dari satu sisi ke sisi lain, caranya dengan mengangkat satu sisi pantat dari kursi ke sisi lainnya, tahan selama lima detik dan ulangi gerakan yang sama hingga lima kali di setiap sisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement