Advertisement

Kucing Bisa Kenali Suara Anda sebagai Pemiliknya, Bagaimana Caranya?

Sirojul Khafid
Rabu, 12 April 2023 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Kucing Bisa Kenali Suara Anda sebagai Pemiliknya, Bagaimana Caranya? Achilles si kucing peramal. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dalam penelitian yang dipublikasi di Animal Cognition, kucing dianggap mampu mengenali suara pemiliknya. Dalam studi dengan Ketua Tim Charlotte de Mouzon, ahli etologi Université Paris Nanterre, ada percobaan dengan memperdengarkan sejumlah rekaman pada 16 ekor kucing peliharaan.

Dalam rekaman itu, berisi suara pemilik dan suara orang asing. Ada berbagai cara dan variasi penelitian dengan contoh suara ini. Hasilnya mengungkapkan kemampuan kucing memahami bahasa manusia.

Advertisement

Temuan lain, kucing yang kadang dianggap sombong, ternyata suka berinteraksi dengan pemiliknya. Di samping itu, kucing juga tahu nama panggilannya.

BACA JUGA: Komunitas Ini Terbentuk demi Impian demi Munculnya Kampus Ramah Kucing

“Kucing telah hidup berdampingan dengan manusia selama lebih dari 10.000 tahun, sehingga hewan itu mengembangkan kemampuan sosiokognitif terhadap manusia. Berkat kemampuan tersebut, kucing dapat beradaptasi dengan lanskap antropogenik,” kata tim peneliti.

Kucing yang kadang dianggap independen dan tidak tahu diri, ternyata hewan yang mampu membangun ikatan dengan manusia. “Penting bagi kita untuk memahami kemampuan sosiokognitif kucing, karena ini dapat membantu kita meningkatkan kualitas hubungan dengan kucing, serta menjamin kesejahteraan kucing peliharaan. Fakta kucing mengenali gaya bicara pemiliknya semakin membuktikan bahwa kucing adalah hewan sensitif dan komunikatif,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement