Advertisement

Labrador Ini Jadi Anjing Pertama yang Diobati dari Kecanduan Alkohol

Lajeng Padmaratri
Rabu, 12 April 2023 - 13:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Labrador Ini Jadi Anjing Pertama yang Diobati dari Kecanduan Alkohol Coco, anjing labrador yang kecanduan alkohol dan mendapatkan perawatan intensif. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, PLYMOUTH—Alkoholik atau kecanduan alkohol biasanya dialami manusia. Namun, hewan pun bisa mengalaminya akibat perilaku manusia di sekitarnya.

Seekor anjing labrador retriever di Inggris dikabarkan kecanduan minuman keras karena mendiang pemiliknya selalu meninggalkan alkohol di luar rumah semalaman. Hal itu membuat Coco, nama anjing itu, turut meminumnya hingga lama-kelamaan kecanduan.

Advertisement

Para dokter hewan di Plymouth, Inggris akhirnya bergegas menyelamatkan nyawa Coco. Anjing persilangan Labrador berusia dua tahun itu diketahui hampir kehilangan nyawanya dan menghabiskan satu bulan dalam perawatan intensif setelah kecanduan alkohol.

Staf di Woodside Animal Welfare Trust di Plymouth, Devon, menyelamatkan Coco dan anjing lain setelah pemiliknya meninggal sebulan terakhir. Awalnya, mereka tidak tahu tentang masalah yang dimiliki kedua anjing tersebut. Ternyata mereka berdua pecandu alkohol setelah selama bertahun-tahun menikmati botol terbuka yang ditinggalkan oleh almarhum pemiliknya di halaman sebelum tidur. Kecanduannya sangat parah sehingga anjing lainnya meninggal selama periode penarikan dan Coco sendiri harus dibius selama empat minggu.

“Kami sangat bersyukur bahwa kami sekarang keluar dari bahaya dan Coco menghentikan semua pengobatan. Ia sekarang mulai berperilaku seperti anjing normal,” tulis staf penampungan anjing melalui Twitter yang dikutip dari Oddity Central.

Menurutnya, anjing itu secara fisik tampak telah pulih, namun secara mental masih menunjukkan kecemasan sewaktu-waktu. Ia menyatakan anjing itu belum siap untuk diadopsi.

"Tidak ada yang tahu secara spesifik bagaimana anjing-anjing ini masuk ke situasi dengan alkohol, tetapi kami tahu bahwa tanpa perawatan kami, Coco kemungkinan besar tidak akan selamat dari cobaan yang memilukan ini," imbuh staf di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement