Advertisement

Perhatikan Hal Penting Menjaga Kebersihan Kewanitaan saat Menstruasi

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 08 April 2023 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perhatikan Hal Penting Menjaga Kebersihan Kewanitaan saat Menstruasi Ilustrasi Menstruasi - ist/classic105

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kebersihan vagina penting diperhatikan saat menstruasi. Dalam fase ini, perempuan harus menjaga kebersihan area kewanitaan agar tidak menimbulkan penyakit.

Salah satu cara menjaga kebersihan wanita yakni dengan rutin mengganti pembalut. Cara ini dilakukan demi mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab infeksi dan iritasi. 

Advertisement

Baca juga: Dimulai pada Usia 9-12 Tahun, Ini Tanda-tanda Menstruasi yang Sehat

Selain mengganti pembalut, berikut ini hal-hal penting yang perlu dilakukan perempuan saat sedang menstruasi, dilansir dari Halodoc:

1. Cara membersihkan

Bersihkan dari depan ke belakang. Pastikan untuk membersihkan vagina dari depan ke belakang untuk menghindari perpindahan bakteri dari anus ke vagina.

2. Penggunaan pembersih kewanitaan

Boleh-boleh saja menggunakan pembersih kewanitaan, tapi hindari penggunaan sabun kewanitaan yang memiliki kandungan parfum. Menggunakan sabun dengan kandungan parfum akan membuat kulit di sekitar vagina mengalami iritasi.

3. Pakaian dalam

Gunakan pakaian dalam yang mudah menyerap keringat, yaitu pakaian dalam yang berbahan dasar katun. Jangan gunakan pakaian dalam yang terlalu ketat untuk menjaga vagina tetap kering dan tidak lembap.

4. Asupan Makanan

Perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Pola makan sehat yang kamu jalani akan berpengaruh pada kesehatan vagina. Beberapa makanan yang dianggap baik bagi organ vagina adalah yoghurt, ikan, buah beri, serta makanan yang mengandung kedelai.

5. Rutin cuci tangan

Mencuci tangan berguna untuk mencegah perpindahan bakteri dari tangan ke vagina. Untuk itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut agar organ vagina selalu sehat.

6. Cara pilih pembalut

Pilih pembalut yang memiliki daya serap yang baik. Pembalut dengan daya serap yang baik akan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, serta mencegah munculnya bau tidak sedap selama menstruasi. Untuk mendapat perlindungan ekstra, kamu bisa memilih pembalut dengan kandungan bahan alami, seperti daun sirih. Daun sirih memiliki kandungan antiseptik yang mampu mencegah infeksi dan iritasi.

7. Mencukur rambut kemaluan

Menjaga kebersihan vagina yang terakhir dapat dilakukan dengan mencukur rambut kemaluan sebelum menstruasi. Rambut yang panjang akan membuat darah menggumpal dan menempel, sehingga menjadi sarang jamur dan bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement