Advertisement

Berniat Mengajarkan Puasa pada Anak? Ini Waktu yang Tepat Menurut Ahli

Arlina Laras
Sabtu, 08 April 2023 - 02:27 WIB
Arief Junianto
Berniat Mengajarkan Puasa pada Anak? Ini Waktu yang Tepat Menurut Ahli Ilustrasi mengajarkan puasa kepada anak. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Usia ideal anak untuk puasa akan sangat berbeda bergantung pada kondisi fisiknya. Namun, sebenarnya tidak ada patokan atau acuan untuk mengajarkan atau melatih anak berpuasa. 

Ketua Pengurus Pusat IDAI Piprim Basarah Yanuarso mengatakan anak dapat diperkenalkan berpuasa ketika dirinya mulai merasa tertarik dan mampu. “Anak itu kan brown fat alias cadangan lemaknya masih banyak. Bahkan, bayi saja bisa puasa. Idealnya usia enam sampai tujuh tahun anak bisa diajarkan puasa, karena secara perkembangan otak sudah mampu,” ujarnya, Kamis (6/4/2023). 

Advertisement

Namun, dia mengatakan ada sejumlah anak tidak dianjurkan untuk berpuasa karena kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, anemia, penyakit jantung, atau gangguan pada sistem pencernaan. 

Selain itu, anak yang mengalami masalah nutrisi, seperti kekurangan berat badan atau gizi buruk. Menurut Piprim, dengan kondisi itu orang tua haruslah mencukupi kebutuhan nutrisinya terlebih dahulu. 

“Anak yang mengalami masalah kesehatan mental atau emosional, seperti depresi atau gangguan makan dan juga yang ada dalam masa pemulihan setelah operasi atau sakit yang serius juga jangan dipaksa,” katanya. 

BACA JUGA: HIKMAH RAMADAN: Ramadan dan Penumbuhan Fitrah Iman bagi Anak

Ketua 3 Pengurus Pusat IDAI, Bernie Endyarni Medise pun menambahkan, di awal pelatihan, orang tua bisa menerapkan puasa setengah hari, di mana saat jam 12 siang anak boleh berbuka puasa dulu, kemudian lanjut hingga maghrib. Dengan langkah ini lama-lama anak akan terbiasa.

“Puasa tanpa makan dan minum bukanlah hal yang mudah. Jadi, orang tua harus jadi contoh dengan membuat suasana yang puasa jadi menyenangkan bukan menakutkan,” jelasnya. 

Asupan Wajib

Di sisi lain, anak-anak yang berpuasa membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dan cukup untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan energi tubuh mereka. 

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu anak-anak tetap sehat selama puasa:

1. Karbohidrat kompleks

Roti gandum, nasi merah, pasta gandum utuh, kentang, jagung, dan biji-bijian adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk memberikan energi bertahap untuk tubuh.  “Anak-anak jangan berikan junk food, ataupun sereal ya, karena itu akan membuat anak cepat lapar,” ucap Piprim. 

2. Sayuran dan buah-buahan

Pilih sayuran hijau, buah-buahan segar, dan sayuran yang mengandung air tinggi, seperti timun dan tomat. Ini membantu menjaga hidrasi dan memberikan vitamin, mineral, dan serat yang diperlukan oleh tubuh.

3. Protein

Piprim menyebutkan, daging ayam, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu adalah sumber protein yang baik. Ini membantu membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh.

“Anak usia enam tahun itu kan rata-rata beratnya 20 kg, artinya proteinnya butuh 40 gram. Dalam 1 butir terlur mengandung 6 gram protein, kalau protein aja itu berarti 6 sampai 7 butir telur. Kalau mau pakai ikan, ya berarti 1 setengah ons. Dibagi saja tiap sahur dan buka," ungkapnya

4. Lemak sehat

Kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan ikan salmon adalah contoh makanan yang mengandung lemak sehat yang membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf.

5. Air

Penting untuk minum air yang cukup selama puasa. Anak-anak harus minum air putih yang cukup setiap hari dan membatasi konsumsi minuman manis dan berkafein, seperti minuman bersoda atau teh.

Selain itu, bagi Bernie sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gula tinggi, lemak jenuh, dan makanan olahan yang tidak sehat. Juga, pastikan anak makan sahur dengan makanan yang bergizi dan menghindari makanan berat yang sulit dicerna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement