Advertisement

Mau Mudik? Ini Perlengkapan yang Perlu Dibawa

Sabina Arla Yogandini
Minggu, 02 April 2023 - 23:17 WIB
Sunartono
Mau Mudik? Ini Perlengkapan yang Perlu Dibawa Suasana di stasiun Pasar Senen, Jakarta menjelang mudik Lebaran 2022 mulai dipadati pemudik pada Kamis, 14 April 2022 - Bisnis/Szalma Fatimarahma.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Mudik menjelang Lebaran sudah menjadi tradisi hingga saat ini. Ada banyak orang yang akan melaksanakan tradisi ini sebagai momentum untuk berkumpul bersama dengan keluarga.

Melansir dari kemenag.go.id, Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) menetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama lebaran tahun ini selama tujuh hari yang jatuh pada tanggal 19 - 25 April 2023. Sebelumnya, pemberitahuan cuti bersama ini awalnya ditetapkan pada 21-26 April 2023.

Advertisement

BACA JUGA : Sebelum Mudik, Lakukan Hal Penting Berikut Ini

Melihat adanya pemberitahuan tersebut, bagi Anda yang hendak mudik Lebaran, ada baiknya untuk mempersiapkannya jauh-jauh hari. Berikut adalah tips mudik lebaran aman yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Cek keadaan rumah sebelum ditinggal mudik

Pastikan bahwa rumah dalam keadaan benar-benar aman untuk ditinggalkan selama Anda mudik Lebaran. Mulai dari mencabut semua kabel aliran listrik, regulator gas, aliran air, serta mengunci semua pintu, jendela, dan pagar rumah. Penting juga untuk menginformasikan kepada tetangga atau petugas keamanan yang tetap tinggal bahwa rumah Anda dalam keadaan kosong sehingga mereka bisa membantu mengawasi rumah Anda.

2. Persiapkan kesehatan tubuh sebelum mulai perjalanan 

Anda perlu memiliki kondisi tubuh yang fit sebelum melakukan perjalanan jauh. Penting bagi Anda untuk menjaga tubuh Anda dalam keadaan fit sebelum mudik. Mulailah rutin berolahraga, menjaga pola makan, serta mengonsumsi suplemen kesehatan tambahan.

3. Membawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan

Hal yang tak kalah penting yang perlu dipersiapkan adalah obat-obatan darurat, vitamin serta P3K sepanjang perjalanan. Terutama apabila ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit, tentu hal itu perlu diperhatikan agar perjalanan mudik dapat aman dan nyaman.

4 Pastikan juga perbekalan lainnya juga memadai

Bagi Anda yang mudik H-7 Lebaran atau sebagainya, penting untuk membawa perbekalan yang cukup untuk mengatasi dari kemacetan lalu lintas yang ada. Hal itu diperlukan berhubung Anda melakukan mudik di saat puasa dan Anda membutuhkan perbekalan yang cukup untuk berbuka semisal Anda berbuka puasa di perjalan.

BACA JUGA : Mudik Lebaran Jogja Jakarta, Ini Pilihan Sleeper Bus dan Tarifnya

5. Periksa semua kesiapan kendaraan yang akan dipakai

Pastikan kendaraan benar-benar dalam keadaan siap untuk dibawa perjalanan jauh. Anda perlu melakukan pengecekan terhadap mesin, rem, oli, hingga ban dan lainnya. Bila perlu, Anda juga dapat membawa mobil ke bengkel terlebih dahulu untuk dicek secara profesional. Ada baiknya untuk menyiapkan peralatan di mobil seperti dongkrak, obeng, tang, ban serep, dan untuk berjaga-jaga di keadaan darurat.

6. Persiapkan uang tunai

Meski kini banyak yang telah menerapkan sistem cashless, tak ada salahnya untuk selalu membawa sejumlah uang tunai dalam pecahan kecil untuk berjaga-jaga apabila Anda ingin membeli sesuatu di rest area atau lainnya dan di tempat tersebut hanya bisa menggunakan uang tunai saja.

7. Beli tiket perjalanan jauh-jauh hari

Hal ini diperuntukan bagi Anda yang ingin mudik dengan menggunakan transportasi umum. Pesanlah tiket perjalanan Anda jauh-jauh hari sebelum hari-H perjalanan mudik. Hal ini dilakukan agar Anda tidak kehabisan tiket dan memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan harga yang lebih murah karena tiket perjalanan mudik saat mendekati musim mudik cenderung akan melonjak.

8. Bekali diri dan keluarga dengan asuransi

Agar perjalanan mudik Anda tetap nyaman dan aman, ada baiknya untuk membekali diri dan keluarga dengan produk asuransi, seperti asuransi jiwa atau asuransi kecelakaan. Asuransi akan melindungi dan membantu Anda dalam mengurangi kekhawatiran jika terjadi sesuatu ketika perjalanan mudik, seperti musibah atau bencana alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement