Advertisement

7 Ide Dekorasi Ramadan yang Simpel dan Unik, Bisa Ditiru nih!

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 21 Maret 2023 - 17:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Ide Dekorasi Ramadan yang Simpel dan Unik, Bisa Ditiru nih! Ilustrasi lampu dekorasi Ramadan. - Istockphoto\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinantikan oleh semua umat muslim. Untuk menyambut dan memeriahkan bulan Ramadan, berbagai tempat keramaian atau tempat lain sudah memasang berbagai dekorasi Ramadan yang menarik.

Meskipun berbagai pernik Ramadan cukup susah untuk ditemui, kamu bisa membuatnya sendiri.

Advertisement

Menciptakan nuansa Ramadan di bulan puasa, tentunya akan membuat keluarga di rumah semakin senang dalam menjalani ibadah Ramadan. Ada berbagai macam model hiasan bertema Ramadan yang bisa diaplikasikan di rumah kamu.

Baca juga: Tarik Minat Wisata Sungai, Warga Bantaran Winongo Gelar Festival Budaya

Berikut ini adalah beberapa ide dekorasi Ramadan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Stiker Ramadan

Gambar masjid, bulan sabit, dan tulisan-tulisan Ramadan dalam bentuk ornamen juga bisa kamu pasang di dalam rumah untuk dekorasi Ramadan. Salah satunya adalah stiker dinding. Stiker dinding tersebut bisa kamu pasang dalam tembok ruang yang cenderung sepi atau minim dekorasi. Selain itu, stiker tersebut juga bisa kamu pasang di dalam kamar tidur anak, agar anak mempelajari sejak dini makna bulan Ramadan.

2. Lampu dekorasi

Nuansa hunian akan lebih hangat nan syahdu dengan lampu dengan unsur ornamen Ramadan di dalamnya. Kamu bisa meletakkannya pada mushola kecil kamu ataupun ruang yang sering dilihat oleh orang yang berkunjung.

3. Karpet permadani motif islami

Dekorasi Ramadan yang selanjutnya jadi opsi yang wajib. Membeli karpet untuk alas ruang tamu dengan tema Ramadan. Dengan sentuhan motif islami dengan corak yang tidak terlalu ramai, dekorasi ini akan membuat nuansa Ramdan langsung terasa diruang tamu, apalagi untuk hunian minimalis. .

4. Pajangan dinding

Pajangan dinding menjadi dekorasi menyambut Ramadan terfavorit. Selain mudah ditemukan, pilihan dan harganya pun cukup bervariasi sesuai dengan jenis yang kamu pilih. Bisa berbentuk kaligrafi, lukisan ataupun mozaik. Ingin tampil beda kamu bisa membuat pajangan dinding dari hasil karyamu sendiri.

5. Bingkai kanvas

Sederhana dengan ukuran yang pas di pajang dimana saja bingkai kanvas bernuansa islami satu ini tidak boleh kelewat dari daftar rekomendasi dekorasi Ramadan. Kamu bisa memilih gambar yang mendukung dalam suasana Ramadan.

6. Aksesoris di meja makan

Pernak Pernik dan dekorasi untuk ruang makan harus kamu perhatikan selanjutnya. Mulai dari piring, gelas hingga vas bunga. Kamu bisa sesuaikan dengan nuansa bulan Ramadan dari segi motif, warna hingga bentuknya.

7. Alas meja

Terakhir ada alas meja. Bukan sekedar melindungi meja dari noda dari minuman atau makanan yang menempel langsung di meja, alas meja juga bermanfaat untuk mempercantik tampilan meja jenis apapun, terutama meja makan.

Itulah beberapa dekorasi Ramadan yang bisa kamu coba ketika memasuki bulan Ramadan nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement