Advertisement

Tak Ingin Terlambat Bangun untuk Sahur, Siasati dengan 10 Cara Ini

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 20 Maret 2023 - 20:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tak Ingin Terlambat Bangun untuk Sahur, Siasati dengan 10 Cara Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABulan Ramadan di depan mata. Beberapa hari lagi, umat Muslim akan kembali dengan rutinitas bangun pagi untuk sahur.

Bagi mereka yang terbiasa begadang dan bangun siang, bangun dini hari akan menjadi masalah tersendiri. Biasanya mereka sulit melawan rasa kantuk dan malas.

Advertisement

Agar tidak terlambat sahur, Anda bisa perlu menyiasati dengan cara-cara berikut ini, dilansir dari klikdokter:

1. Siapkan Menu Kesukaan untuk Sahur

Agar lebih semangat untuk bangun sahur, siapkanlah menu kesukaan Anda. Selain membantu lebih bersemangat untuk bangun sahur, menu yang sesuai juga dapat membuat Anda lebih antusias untuk menjalani ibadah puasa.

2. Tidur Lebih Awal dan ciptakan atmosfer yang nyaman

Hindari begadang karena cara termudah agar bisa bangun sahur tepat waktu adalah tidur lebih awal pada malam harinya. Jika Anda terbiasa untuk makan atau nonton televisi di kamar tidur, hal ini akan menyulitkan Anda untuk tidur lebih nyenyak. Selain itu, jika kamar tidur tidak terjaga kebersihannya, hal ini juga dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih sulit tidur. Akhirnya, Anda bisa telat bangun sahur. Karenanya, penting bagi Anda untuk menciptakan atmosfer kamar tidur yang nyaman agar bisa cepat tidur.

3. Redupkan Lampu Kamar

Kondisi pencahayaan kamar tidur yang redup dapat mempermudah seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Hal ini dapat mendukung Anda bangun tepat waktu. Matikanlah lampu kamar tidur Anda ketika ingin tidur di malam hari. Dengan begitu, Anda lebih mudah terlelap dan mudah untuk bangun ketika sahur.

4. Sediakan Waktu Tidur Siang

Ketika Anda harus bekerja, mungkin sulit untuk menyediakan waktu khusus untuk tidur siang. Namun, sebisa mungkin sempatkan di waktu istirahat untuk tidur sebentar. Waktu tidur yang cukup dapat membantu Anda lebih bersemangat untuk menjalani hari, khususnya untuk sahur.

5. Pasang Alarm

Memasang alarm bisa menjadi cara agar bisa bangun sahur tepat waktu. Namun, bagaimana bila Anda sering pasang alarm, tapi segera dimatikan setelah berbunyi? Coba pasang alarm dengan nada yang sama seperti nada panggilan masuk. Sebab, orang biasanya akan lebih mudah terbangun oleh bunyi panggilan masuk dibandingkan dengan alarm. Satu lagi, letakkan alarm pada jarak yang agak jauh sehingga Anda terpaksa bangkit untuk mematikannya.

6. Hindari Makan Berdekatan dengan Jam Tidur

Ketika Anda harus makan malam, hindari waktu yang terlalu berdekatan dengan jam tidur Anda. Berilah jarak sekitar 2-3 jam sebelum Anda tidur. Waktu makan malam yang terlalu berdekatan dengan jam tidur bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur.

7. Hindari Kafein dan Gula Sebelum Tidur

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi semua jenis minuman berkafein sebelum tidur. Tak hanya kopi, teh dan soda juga mengandung kafein yang bisa membuat Anda terjaga. Anda juga perlu menghindari makanan yang manis-manis sebelum terlelap, karena jika terlalu banyak malah dapat membuat tidur kurang nyenyak.

8. Hindari Berolahraga Sebelum Tidur

Pastikan Anda tidak berolahraga dekat dengan jam tidur. Kegiatan olahraga sebelum tidur dapat meningkatkan adrenalin seseorang, sehingga menjadi lebih sulit untuk tidur. Selain itu, rasa lelah karena olahraga juga menyulitkan orang tersebut untuk bangun ketika sahur.

9. Olahraga

Bila ingin berolahraga, pastikan olahraga dilakukan secara tepat sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Pilihlah latihan fisik yang berintensitas ringan, seperti joging kecil, yoga, bersepeda, tai chi, dan berenang. Anda dapat berolahraga 30 menit sebelum bedug, atau pada malam hari asalkan tidak mendekati jam tidur. Jika jamnya terlalu berapit dengan waktu tidur, bisa-bisa Anda jadi sulit terlelap.

10. Minta Dibangunkan

Terkadang, satu-satunya cara agar Anda lebih mudah bangun sahur adalah dengan minta dibangunkan orang lain. Pesankan pada orang tersebut untuk membangunkan Anda dengan cara yang tidak ekstrem sampai bangun. Biasanya orang akan lebih cepat menyahut jika dibangunkan orang lain. Tentunya ada perasaan segan atau tidak enak hati jika mengabaikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement