Advertisement

Kota Terkecil di Dunia Ada di Sini

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 14 Februari 2023 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kota Terkecil di Dunia Ada di Sini Foto Hum - Anajur/Wikimedia Commons

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAHum adalah pemukiman puncak bukit yang indah di wilayah Istria Kroasia. Daya tarik utamanya adalah dijuluki kota terkecil di dunia.

Lokasinya berada di Istria tengah, sekitar 2,5 jam berkendara dari ibu kota Kroasia Zagreb. Kota Hum di puncak bukit abad pertengahan adalah rumah bagi 20 hingga 30 orang (21 menurut sensus nasional 2011, dan 27 pada 2021). Asal-usulnya diselimuti misteri, tetapi penyebutan pertama dalam dokumen sejarah berasal dari tahun 1102, ketika disebut Cholm.

Advertisement

Melansir dari Oddity Central, sebuah lonceng dan menara pengawas dibangun pada tahun 1552 sebagai bagian dari pertahanan kota. Kota itu tidak pernah  berkembang selama berabad-abad dan bahkan hari ini hanya terdiri dari tiga baris rapi rumah abad pertengahan dan dua jalanan.

Dengan panjang hanya 100 meter dan lebar 30 meter, mudah untuk melihat mengapa Hum dianggap sebagai kota terkecil di dunia. Yang tidak begitu jelas adalah mengapa itu diklasifikasikan sebagai desa. Lagi pula, ada banyak desa yang lebih kecil dari ini; beberapa hanya terdiri dari segelintir rumah yang tersebar dalam jarak jauh.

Baca juga: Banjir Menerjang Gunungkidul! Sejumlah Sekolah Ditutup, Siswa Belajar dari Rumah

Reputasi 'kota terkecil di dunia' telah memberikan keajaiban bagi Hum, dan saat ini pariwisata dianggap sebagai salah satu dari dua sumber pendapatan utama bagi penduduk setempat, bersama dengan pertanian. Tidak banyak yang bisa dilihat karena luasnya tempat itu.

Namun penduduk setempat melakukan yang terbaik untuk membuat film pengunjung diterima, dan berjalan di sepanjang salah satu dari hanya dua jalan berbatu, mengagumi arsitektur abad pertengahan memiliki daya tarik tersendiri.

Dikelilingi oleh pagar batu kecil yang didirikan pada abad pertengahan untuk melindungi kota dari serangan bandit, Hum tidak pernah melampaui penghalang ini seperti kebanyakan kota lain. Dan sekarang karena memiliki hak untuk dilindungi, kecurigaan yang muncul adalah kita tidak akan melihat rumah baru dibangun di sana dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement