Advertisement

3 Mitos Diet yang Masih Sering Dipercaya Hingga Kini

Arlina Laras
Selasa, 07 Februari 2023 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Mitos Diet yang Masih Sering Dipercaya Hingga Kini Ilustrasi makanan yang bisa dikonsumsi pelaku diet flexitarian - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Profesor kedokteran di Cornell dan Kepala Petugas Medis di Foun Rekha B. Kumar menjelaskan bahwa diet di media sosial sering diklaim secara berlebihan demi menarik perhatian banyak orang. 

“Jika itu semua fakta yang tidak memihak dan berimbang, itu akan ada di jurnal ilmiah dan bukan di media sosial,” kata Kumar dilansir dari Healthline, Senin (06/2/2023).

Advertisement

Meskipun media sosial dapat digunakan sebagai alat untuk mengedukasi dan menyebarkan informasi, dia menambahkan bahwa konten mengenai diet dan nutrisi mungkin diposting oleh influencer yang tidak selalu memiliki semua fakta.

Berikut beberapa mitos nutrisi paling umum yang disanggah oleh pakar nutrisi. Simak ulasannya

1. Setiap orang harus mengikuti diet keto atau rendah karbohidrat

Diet keto dan makan rendah karbohidrat dapat menyebabkan penurunan berat badan, Kumar mencatat bahwa pola makan ini tidak cocok untuk semua orang, karena kondisi medis seperti diabetes yang mungkin membuat pengurangan karbohidrat yang parah menjadi berbahaya.

Jenis makanan yang diikuti dalam diet ini terutama diet keto, yang berfokus pada lemak – juga memprihatinkan. 

“Saya melihat banyak orang malah lebih memakan banyak keju dan mentega dan steak atau bacon atau daging makan siang yang diproses tinggi. Sementara, anehnya mereka membatasi sayuran dan biji-bijian dan nutrisi penting lainnya, sehingga mereka mendapatkan ketidakseimbangan dalam diet mereka," katanya.

Padahal, menurut studi orang-orang yang hidup paling sehat dan berumur panjang melaporkan bahwa pola makan yang mereka pertahankan adalah biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

“Kacang-kacangan dan kacang-kacangan secara khusus berkorelasi dengan orang yang hidup lebih lama, jadi ketika Anda menghentikan makanan ini, maka Anda harus waspada akan risiko yang mengintai,” ungkapnya.

Selain itu, mempertahankan diet keto atau rendah karbohidrat dalam jangka panjang itu sulit, dan ketika orang mulai memasukkan kembali karbohidrat ke dalam makanan mereka, itupun tidak akan dilakukan dengan cara yang sehat.

“Mereka yang memutuskan untuk tidak lagi menjalani diet keto, malah tidak mengonsumsi biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran bertepung. Justru, mereka mulai kembali ke karbohidrat sederhana seperti roti putih dan gula dan pasta putih yang menjadikan berat badan mereka bertambah dan tidak berhasil,” jelasnya.

2. Tiap orang membutuhkan kafein sebagai sumber energi

Ahli Nutrisi di Timeline Nutrition Jen Scheinman menjelaskan bahwa kafein adalah stimulan yang membuat otak terasa lebih waspada tetapi secara teknis tidak memberi nutrisi atau energi pada tubuh. Ini karena kafein tidak mengarah pada produksi seluler ATP (adenosine triphosphate), yang merupakan senyawa organik yang menyediakan energi bagi tubuh.

“Kami memiliki area otak yang membuat kami mengantuk dan kafein membantu menenangkan jalur saraf tersebut. Ini benar-benar menutupi krisis energi rendah kita dengan meletakkan plester pada solusinya,” jelas Scheinman

Mengonsumsi kafein juga dapat menyebabkan ketergantungan. Misalnya, Anda terbiasa meminumnya di pagi hari dan akhirnya di siang hari. Namun, ketika Anda minum kafein di kemudian hari, itu dapat memengaruhi tidur Anda, dan ketika Anda tidak tidur nyenyak, Anda bangun kembali ke kafein. 

Dari situ, siklus terus berlanjut.

“Kita memiliki organel penghasil energi ini di dalam setiap sel yang disebut mitokondria, dan ketika kita memeliharanya dan merawatnya [dengan] perilaku gaya hidup sehat — seperti diet sehat, tidur nyenyak, manajemen stres — tubuh kita menghasilkan energi yang kita butuhkan, bukanlah dengan kafein,” ungkapnya

3. Anda harus mencoba diet detoksifikasi

Hampir tidak ada diet pembersihan atau detoks saat ini yang terbukti efektif untuk kesehatan metabolik jangka pendek atau jangka panjang atau risiko kardiovaskular, kata Kumar.

"Detox mungkin membuat beberapa orang merasa tidak terlalu kembung dalam jangka pendek, tetapi hasil ini tidak bertahan lama dan bahkan mungkin menyebabkan retensi air atau sembelit," katanya.

Meskipun ada benarnya anggapan bahwa ada lebih banyak racun di dunia dan bahwa orang menghirup lebih banyak polusi, makan lebih banyak gula dan junk food, dan karena itu perlu membuangnya dari tubuh. Akan tetapi, Scheinman mengatakan tubuh sudah secara alami menghilangkan zat beracun. 

“[Kenyataannya] adalah bahwa tubuh kita memiliki proses yang sangat kompleks yang mendetoksifikasi kita setiap hari - di hati, ginjal, sistem pencernaan, dan usus besar kita - semua ini adalah cara tubuh kita membuang racun," ujarnya.

Maka, untuk membantu tubuh dalam proses ini, Scheinman mengatakan orang dapat fokus pada nutrisi sehat, kualitas tidur, dan membatasi paparan racun lingkungan bila memungkinkan.

Dalam hal risiko yang terkait dengan pembersihan dan detoksifikasi, dia mencatat bahwa program detoksifikasi berbasis makanan yang menyarankan hal-hal seperti mengonsumsi smoothie buah dan sayuran atau pola makan vegan untuk waktu terbatas kemungkinan besar tidak berbahaya.

Namun, jika suplemen dimasukkan dalam program ini, mereka bisa berbahaya karena suplemen punya kandungan kimia. 

Menurut Scheinman, dorongan untuk membersihkan dan detoks sering datang setelah liburan dan dengan anggapan bahwa Anda dapat makan apa yang Anda inginkan hingga satu Januari dan kemudian detoksifikasi.

"Hal ini mempromosikan hubungan yang tidak sehat dengan makanan dan bahwa Anda perlu membersihkan tubuh Anda atau menghukum tubuh Anda atas apa yang Anda lakukan pada pesta makan yang menyenangkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemlu Tanggapi Anggota Komite HAM PBB Terkait Netralitas Jokowi dalam Pemilu 2024

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement