Advertisement

Wisuda Unik di Universitas Kyoto, Ada yang Cosplay Kartun hingga Pakai Kostum Alien!

Lajeng Padmaratri
Senin, 06 Februari 2023 - 21:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Wisuda Unik di Universitas Kyoto, Ada yang Cosplay Kartun hingga Pakai Kostum Alien! Wisuda di Universitas Kyoto Jepang yang ramai di media sosial karena kampus membebaskan mahasiswa mengenakan pakaian apapun saat upacara kelulusan. - Facebook - Dwarf Mamba

Advertisement

Harianjogja.com, KYOTO—Wisuda selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu banyak mahasiswa. Pada upacara kelulusan itu, mereka akan mengenakan toga dan berdandan dengan paripurna demi satu tahapan akhir di kampus sebelum benar-benar keluar ke dunia kerja.

Namun, ada satu kampus yang membebaskan mahasiswanya mengenakan apapun saat wisuda. Para calon wisudawan itu pun berkreasi sedemikian rupa demi tampil maksimal.

Advertisement

Melansir World of Buzz, upacara kelulusan di Universitas Kyoto, Jepang menjadi perbincangan publik usai kampus itu membebaskan calon wisudawan berpakaian sesuka hati. Dari foto-foto yang beredar, rupanya hasilnya sangat luar biasa.

Foto-foto ini diunggah oleh komedian Dwarf Mamba dalam akun Facebook pribadinya. Ia memamerkan sejumlah gambar wisudawan yang hadir dalam balutan cosplay (costum player) saat menerima hasil kelulusan dari senat universitas.

“Universitas Kyoto memungkinkan siswa untuk memakai apapun yang mereka inginkan untuk upacara kelulusan mereka,” tulisnya dalam akun tersebut.

Ada wisudawan yang berpakaian seperti Jim Carrey dalam film The Mask, ada yang berkostum alien, lalu ada juga yang mengenakan kostum Raymond dari animasi berjudul Animal Crossing.

Salah seorang warganet berkomentar dalam unggahan tersebut. “Universitas itu tahu betul bahwa wisuda berarti kebebasan,” tulis John Eric Cila Costob.

Sungguh menakjubkan melihat institusi pendidikan tinggi membiarkan siswanya mengekspresikan kreativitas dan individualitas mereka sesuka mereka. Tak heran Universitas Kyoto menduduki peringkat ke-68 di antara 1.799 universitas dari seluruh dunia!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : World of Buzz

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement