Advertisement

Tanda Gejala Fisik Anda Mengalami Depresi, Sakit Punggung Salah Satunya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 06 Februari 2023 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
Tanda Gejala Fisik Anda Mengalami Depresi, Sakit Punggung Salah Satunya Nyeri punggung atau low back pain bisa menyerang usia muda, terutama karena terlalu lama bekerja di balik meja - Freepik.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Sebagian besar dari kita tahu tentang gejala emosional depresi. Tetapi banyak orang dengan depresi juga hidup dengan rasa sakit kronis atau gejala fisik lainnya.

Depresi dapat menyebabkan perubahan nyata pada tubuh Anda. Misalnya, dapat memperlambat pencernaan Anda, yang dapat menyebabkan masalah perut.

Advertisement

Karena gejala ini terjadi dengan banyak kondisi, penderita depresi mungkin tidak menyadari gejala ini.

Mereka tidak menyadari bahwa masalah fisik mereka mungkin disebabkan oleh penyakit mental mereka. Banyak dokter juga sulit mendiagnosa dari gejala tersebut.

Depresi terkait dengan fungsi jaringan atau jalur sel saraf yang tidak tepat yang menghubungkan area otak yang memproses informasi emosional. Beberapa jaringan ini juga memproses informasi untuk merasakan sakit fisik.

Begitu banyak ahli berpikir bahwa depresi dapat membuat Anda merasakan sakit secara berbeda dari orang lain.

Berikut beberapa gejala fisik yang muncul jika Anda mengalami depresi:

  • Sakit kepala cukup umum. Jika Anda sudah mengalami sakit kepala migrain, itu mungkin tampak lebih buruk.
  • Sakit punggung
  • Nyeri otot dan nyeri sendi
  • Nyeri dada. Ini bisa menjadi tanda masalah serius pada jantung, perut, paru-paru atau lainnya. Tetapi depresi dapat menambah ketidaknyamanan.
  • Masalah pencernaan. Anda mungkin merasa mual atau mual. Anda mungkin mengalami diare atau sembelit sepanjang waktu. Kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan adalah hal yang biasa.
  • Kelelahan. Tidak peduli seberapa banyak Anda tidur, Anda mungkin masih merasa lelah atau lelah. Bangun dari tempat tidur di pagi hari mungkin tampak sangat sulit, bahkan mustahil.
  • Masalah tidur. Banyak orang dengan depresi tidak bisa tidur nyenyak lagi. Mereka bangun terlalu pagi atau tidak bisa tidur ketika mereka pergi tidur. Yang lain tidur lebih banyak dari biasanya.
  • Perubahan nafsu makan atau berat badan. Beberapa orang dengan depresi kehilangan nafsu makan dan menurunkan berat badan. Yang lain menemukan bahwa mereka mendambakan makanan tertentu, seperti karbohidrat, dan lebih berat.
  • Pusing 

Pengobatan

Terkadang, mengobati depresi Anda, dengan terapi, obat-obatan, atau keduanya akan menghilangkan gejala fisik Anda.

Obat untuk depresi "menyesuaikan" bahan kimia yang digunakan jaringan sel saraf Anda untuk berkomunikasi, membuatnya bekerja lebih efisien.

Beberapa antidepresan, seperti duloxetine (Cymbalta), venlafaxine (Effexor), dan antidepresan trisiklik yang lebih tua seperti amitriptyline (Elavil) atau desipramine (Norpramin), juga dapat membantu mengatasi nyeri kronis.

Tetapi Anda mungkin juga membutuhkan sesuatu yang lain. Misalnya, dokter Anda mungkin menyarankan obat anti-kecemasan atau obat tidur untuk insomnia sehingga Anda bisa rileks dan tidur lebih nyenyak.

Karena rasa sakit dan depresi terkadang bisa berjalan bersamaan, meredakan rasa sakit Anda juga bisa menghilangkan depresi Anda. Anda bisa mencoba terapi perilaku kognitif. Itu bisa mengajari Anda cara mengatasi rasa sakit dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement