Advertisement

Hindari Kebiasaan Main HP Setelah Bangun Tidur, Banyak Dampak Buruknya!

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 25 Januari 2023 - 06:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hindari Kebiasaan Main HP Setelah Bangun Tidur, Banyak Dampak Buruknya! Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Apa yang langsung kamu lakukan saat bangun tidur? Apakah kamu sering langsung mengecek atau bermain handphone?

Jika iya, kamu perlu waspada karena kebiasaan itu bisa membawa dampak buruk padamu. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Melansir dari laman Universitas Muhammadiyah Surabaya, Fety Khosianah selaku Dosen Psikologi UM Surabaya menjelaskan beberapa dampak yang ditimbulkan jika seseorang terlalu sering mengecek handphone saat bangun tidur, di antaranya:

1. Menempatkan diri dalam situasi yang penuh tekanan

Dengan banyaknya pesan yang masuk melalui berbagai aplikasi seperti whatsApp maupun surat elektronik, membuat seseorang semakin bingung harus merespon yang mana terlebih dahulu.

“Hal ini bukanlah cara yang tepat untuk memulai hari, mengingat fakta bahwa seseorang akan melihat banyaknya pesan dari berbagai aplikasi, dan membuat terganggu untuk memulai hari dengan pikiran yang tenang dan nyaman,” jelas Fetynya dikutip Harianjogja.com, Selasa (24/1/2023). 

Kondisi itu juga bisa membuat tingkat stres bertambah. 

2. Pola makan menjadi buruk

Saat pagi hari seseorang melihat banyaknya pesan yang masuk, melihat postingan orang lain yang mungkin lebih bahagia, hal tersebut bisa berujung pada sikap membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Hal ini bisa membuat seseorang meniru apa yang dilakukan orang lain, misal dengan meniru apa yang mereka makan tanpa memperhatikan kebutuhan dan kemampuan diri. Hal ini jika dilakukan berulang-ulang bisa memicu obesitas terutama pada orang-orang yang memiliki metabolisme tubuh yang rendah.

Atau jika seseorang melihat bentuk tubuh orang lain yang jauh lebih bagus, akan membuat seseorang mengambil keputusan untuk membatasi makanan. Hal ini jika dibiarkan bisa menyebabkan timbulnya penyakit, misalnya maag karena tidak pernah sarapan, atau bahkan lebih buruknya bisa menyebabkan orang tersebut mengalami gangguan makan seperti anorexia nervosa maupun bulimia nervosa.

3. Sulit fokus dan mengganggu kemampuan untuk memprioritaskan tugas

Saat seseorang kebanjiran informasi dan belum sepenuhnya sadar dari bangun tidur membuat kemampuan otak berkurang untuk fokus dan memprioritaskan tugas.

Untuk menghindari hal ini Fety menyarankan agar sebaiknya seseorang minum segelas air putih terlebih dahulu ketika bangun tidur di pagi hari. Sebaiknya ketika bangun tidur itu ambil jeda dan luangkan waktu untuk menjernihkan hati dan pikiran agar kesehatan mental tidak terganggu, serta pastikan kondisi hingga benar-benar terjaga terlebih dahulu sebelum membuka handphone.

4. Membuang-buang waktu dan mengurangi produktivitas

Awalnya seseorang hanya ingin mengecek handphone selama 15 menit, namun lama kelamaan tidak terasa satu jam berlalu. Setelah menyadari satu jam berlalu, dan ternyata belum melakukan apa-apa, seseorang akan bangun dan terburu-buru bersiap-siap menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggungan.

Jika ini terjadi berulang kali akan membuat jadwal aktivitas harian anda bisa terganggu dan lama kelamaan bisa menyebabkan penurunan produktivitas.

Gangguan Fisik

Kebiasaan mengecek handphone setelah bangun tidur juga membawa dampak buruk pada kesehatan fisik. Dilansir dari Solopos-jaringan Harianjogja.com, kebiasaan ini bisa mengakibatkan nyeri pada leher. Jika sering melihat handphone, laptop, maupun gadget lainnya saat bangun tidur, risiko terkena nyeri leher semakin besar.

Selain itu, penglihatan juga bisa menjadi kabur. Paparan cahaya bisa membuat mata menjadi kering dan memicu ketegangan mata. Lama-kelamaan bisa membuat pandangan menjadi kabur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Buka Suara soal Niat Kaesang Terjun ke Politik: Saya Tidak Memengaruhi

News
| Senin, 30 Januari 2023, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement