Advertisement

Lebih Hemat, Ini Tahapan Facial Sendiri di Rumah

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 24 Januari 2023 - 01:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lebih Hemat, Ini Tahapan Facial Sendiri di Rumah Pemakaian krim untuk wajah - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jadwal kegiatan yang padat terkadang membuat kita tidak sempat melakukan perawatan facial wajah di salon kecantikan. Namun jangan khawatir karena perawatan ini masih bisa kita lakukan di rumah. 

Dengan melakukan facial wajah sendiri di rumah, waktu akan lebih fleksibel karena bisa kita atur sendiri. Selain itu dari segi biaya juga lebih hemat. 

Advertisement

Kuncinya, untuk melakukan facial sendiri di rumah, kamu perlu mempersiapkan bahan-bahan seperti pembersih wajah, scrub exfoliating, masker wajah, serum dan pelembap. 

Mengutip hellosehat, berikut tahapan facial wajah sendiri di rumah yang anti ribet dan hemat cuan: 

Baca juga: Penderita Hipertensi Wajib Setop Konsumsi Garam

1. Membersihkan wajah

Sebelum memulai prosedur perawatan wajah apapun, sangat penting untuk membersihkan segala bentuk kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah. Jika Anda menggunakan makeup, Anda bisa membersihkan wajah dengan pembersih makeup terlebih dahulu karena sisa-sisa makeup tidak bisa diangkat hanya dengan mencuci wajah saja. Jangan lupa ikat atau jepit rambut Anda agar wajah tidak tertutupi rambut atau hal lainya.

Setelah itu, cuci wajah Anda dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah dengan gerakan melingkar dari atas kebawah agar kotoran di wajah terangkat. Kemudian bilas menggunakan air hangat (suam-suam kuku). Lalu keringkan wajah dengan handuk berbahan lembut.

2. Scrubbing

Setelah membersihkan wajah, tahap selanjutnya adalah scrubbing. Scrubbing ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit Anda bisa teregenerasi dengan baik. Anda bisa menggunakan bahan scrubbing alami dari campuran gula pasir, air mawar, dan minyak zaitun.

Bila semua bahan sudah tercampur jadi satu, oleskan secara merata ke wajah. Lalu, gosok seluruh wajah menggunakan scrub dengan gerakan memutar. Bagian dahi, hidung dan dagu sebaiknya lebih lama digosok karena bagian tersebut paling banyak tumbuh komedo. Kemudian, bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat. Jika kulit Anda sedang berjerawat, sebaiknya hindari scrubbing karena bisa membuat kulit semakin iritasi.

3. Steaming

Langkah facial wajah berikutnya adalah steaming atau penguapan. Caranya cukup mudah. Siapkan mangkuk atau baskom besar yang berisi air panas. Kemudian, dekatkan wajah Anda di atas baskom tersebut selama kurang lebih dua menit sambil menutup bagian kepala dengan handuk agar uap terpapar hanya di bagian wajah saja.

Fungsi steaming ini adalah untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran seperti komedo di wajah.

4. Masker

Melakukan perawatan wajah kurang lengkap rasanya kalau belum pakai masker. Masker wajah ini berfungsi untuk menutrisi kulit Anda sehingga membuatnya kencang, cerah, dan lebih bercahaya. Anda bisa membuat masker wajah sendiri di rumah. Agar kulit benar-benar terawat, pilih masker sesuai dengan jenis kulit Anda.

Gunakan cuka sari apel atau pepaya untuk jenis kulit berminyak, madu atau lidah buaya untuk jenis kulit kering, dan pisang untuk kulit jerawat. Sedangkan untuk anti penuaan, Anda bisa gunakan masker yang terbuat dari bubuk kopi.

Oleskan masker secara merata ke seluruh bagian wajah, kecuali mata, bibir, dan leher. Untuk bagian mata, Anda bisa menutupnya dengan timun segar yang sebelumnya sudah disimpan di dalam kulkas. Diamkan masker wajah ini selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

5. Serum dan pelembap

Setelah melakukan serangkaian cara yang sudah disebutkan di atas, sampailah Anda pada tahap terakhir facial wajah. Di tahap ini Anda bisa mengusapkan serum dan pelembap ke seluruh wajah. Ketika wajah bersih dan segar maka nutrisi serum dan pelembap akan lebih mudah menyerap ke dalam lapisan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement