Advertisement

Perhatikan Hal Ini Saat Ingin Mencabut Bulu Ketiak

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 09 Januari 2023 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perhatikan Hal Ini Saat Ingin Mencabut Bulu Ketiak Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mencabut bulu ketiak merupakan salah satu cara membersihkan bulu yang tumbuh di area ketiak, selain dengan mencukurnya. Beberapa orang memilih cara ini karena dirasa lebih nyaman daripada dengan waxing. 

Namun perlu diperhatikan karena mencabut bulu ketiak juga bisa mengakibatkan kerusakan folikel rambut. Dihimpun dari berbagai sumber, ada beberapa cara untuk mengantisipasi kerusakan ini. Seperti menggunakan alat khusus atau pinset dengan menarik bulu ke arah rambut tumbuh.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Selain itu waktu mencabut bulu juga perlu dipertimbangkan. Sebaiknya, cabut bulu setelah mandi dengan air hangat. Kondisi tersebut ideal karena folikel lebih terbuka, sehingga tidak terlalu sakit.

Untuk wanita, hindari mencabut bulu ketiak di dekat siklus haid, karena tubuh lebih sensitif pada rasa nyeri. Selain itu, hindari mencabut bulu yang terlalu pendek. Tunggu sampai panjangnya sekitar 3,8 centimeter untuk mencegah kerusakan folikel.

Baca juga: 10 Kalimat Membangkitkan Semangat di Hari Senin, Kirim ke Sahabat

Dengan mencabut bulu ketiak, bulu akan tumbuh lagi sekitar 3-8 minggu kemudian. Berbeda dengan teknik mencukur yang bisa tumbuh lebih cepat yakni sekitar 2-3 minggu kemudian. 

Meski demikian, kecepatan pertumbuhan bulu setiap individu berbeda-beda, tergantung kondisi genetiknya. Bulu dapat dicabut kembali saat panjangnya sudah mencapai 2 centimeter (cm). Hal ini dilakukan agar tidak merusak kulit atau folikel. 

Dilansir dari Dove, seorang dematologist bersertifikat dari Harvard yakni Dr. Michelle Henry,  mengatakan rambut di ketiak yang dicabut lebih lama tumbuhnya dibandingkan bulu yang dicukur. Hal ini karena mencukur hanya memangkas bagian bulu di permukaan atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Satu Tahun Perlawanan, Warga Wadas Gelar Pentas Seni dan Dirikan Patung

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Hyatt Regency Yogyakarta Hadirkan Sunday Brunch dengan Live Painting

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement