Advertisement

Selain Enak, Deretan Makanan Super Ini Bisa Cegah Penyakit

Arlina Laras
Senin, 02 Januari 2023 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Selain Enak, Deretan Makanan Super Ini Bisa Cegah Penyakit Kimchi - yonhap

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Mengawali tahun baru, sejumlah orang umumnya membuat resolusi sehat seperti berhenti merokok, lebih langsing, atau kian rajin olahraga.

Adapun, salah satunya dengan makan maknanan yang sehat. Hal ini sangat penting, pasalnya banyak orang yang kekurangan asupan buah dan sayuran bergizi. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Bahkan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit sekitar 11,3 persen penduduk AS telah didiagnosis menderita diabetes, sedangkan penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu. 

Meskipun itu bisa menjadi fakta yang mengerikan, namun Anda bisa melakukan pencegahan melalui langkah kecil yang sederhana, salah satunya dengan mengonsumsi teratur deretan makan makanan berikut. 

Melansir dari Paulina Lee, ahli diet fungsional kesehatan usus berikut enam deretan makanan yang bisa menjauhkan Anda dari potensi penyakit berbahaya. Simak ulasannya. 

1. Kimchi

Kimchi adalah hidangan sayuran fermentasi Korea yang biasanya dibuat dengan kubis. Ini dapat memberi tubuh Anda beberapa manfaat yang cukup penting yang dapat membuat perubahan yang signifikan dalam hal kesehatan Anda di sepanjang tahun 2023. 

“Kimchi adalah makanan fermentasi atau makanan probiotik dengan senyawa dari bahan-bahan seperti polifenol, karotenoid, capsaicin, senyawa yang mengandung sulfur, serat, dan senyawa yang dihasilkan dari proses fermentasi seperti bakteri asam laktat (BAL),” kata Lee. 

Dia menjelaskan, selain kimchi dikenal sebagai pelengkap makanan. Nyatanya, kimchi juga berkontribusi menjadi antioksidan, anti-penuaan, anti-obesitas, dan sifat antibakteri.

“Di Korea, biasanya ditambahkan sebagai lauk tetapi juga disertakan dalam banyak makanan. Cocok dengan semua jenis protein, dapat ditambahkan ke sup, dikonsumsi polos, ditambahkan ke tumisan atau nasi goreng, dan masih banyak lagi,” ungkap Lee. 

2. Kunyit

Lee juga merekomendasikan untuk menambahkan kunyit ke dalam makanan Anda, mencatat bahwa "bumbu antiinflamasi yang kuat ini dapat membantu peradangan di lapisan usus dan di seluruh tubuh", yang pasti akan membuat Anda merasa lebih baik.

"Kunyit mengandung kurkumin, sehingga meningkatkan detoksifikasi racun yang diaktifkan." Kunyit juga dapat "meningkatkan jumlah antioksidan yang dibuat tubuh dan memiliki sifat anti-inflamasi," tambah Lee.

Untuk memasukkan bumbu ini ke dalam makanan Anda, Lee menyarankan untuk menambahkan kunyit saat membumbui ikan atau protein.

3. Stroberi

Stroberi bukan hanya suguhan yang lezat, tetapi juga merupakan pilihan yang sehat untuk memuaskan rasa lapar dan tujuan kesehatan. Lee mengungkapkan bahwa Stroberi penuh dengan polifenol dengan efek antioksidan yang hebat. 

Mereka memiliki vitamin C, mangan, folat, dan potasium dalam jumlah tinggi, yang masing-masing penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, fungsi otak, pertumbuhan sel, dan pengaturan tekanan darah. 

"Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry menyimpulkan bahwa makan stroberi membantu meningkatkan bifidobakteri yang bermanfaat dalam mikrobioma usus yang terbukti secara positif memengaruhi sembelit, diare, dan radang usus. ⁠ 

Meskipun stroberi bisa dinikmati utuh, namun ada beberapa rekomendasi sajian, yakni dengan mencampur stroberi dalam smoothie pagi, lalu hidangkan dengan yogurt dan oatmeal favorit 

4. Ikan salmon

Makan berbagai jenis ikan memang ada manfaatnya, namun Lee secara khusus merekomendasikan salmon jika tujuan Anda adalah meningkatkan kesehatan di tahun 2023.

"Salmon mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi , yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi," kata Lee. 

Asam eicosapentaenoic atau EPA menemukan bahwa asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan saraf . Itu juga sesuatu yang tidak dibuat oleh tubuh kita, jadi itu adalah makanan penting yang harus dimasukkan melalui makanan atau suplemen.

Lee mengatakan bahwa "anti-inflamasi omega-3 bekerja untuk mengurangi peradangan dalam tubuh dan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

5. Kaldu tulang

Kaldu tulang memiliki profil asam amino penyembuh, mineral, dan kolagen penyembuh usus," kata Lee. Dia menambahkan bahwa itu adalah pilihan makanan yang bisa sangat bergizi untuk usus yang meradang.

Kandungan glisinnya yang tinggi dalam kolagen berfungsi memperkuat lapisan usus sekaligus mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan kualitas kulit.

6. Taoge

Taoge adalah sumber nutrisi yang penuh dengan serat, vitamin C, dan sulforaphane yang merupakan senyawa dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-kanker. 

Terbukti, dalam sebuah  studi tahun 2018 dari Current Developments in Nutrition yang mencatat bahwa dengan mengonsumsi taoge dapat memberikan manfaat berupa penurunan potensi kanker prostat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement