Advertisement

Pantau Jam Istirahat Karyawan, Perusahaan Ini Pasang Kamera di Bilik Toilet

Lajeng Padmaratri
Selasa, 13 Desember 2022 - 01:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Pantau Jam Istirahat Karyawan, Perusahaan Ini Pasang Kamera di Bilik Toilet Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, XIAMEN—Cara perusahaan dalam mendisiplinkan perilaku karyawan seringkali bikin geleng-geleng kepala. Bahkan, karyawan pun masih dipantau saat jam istirahat mereka.

Hal ini terjadi di salah satu perusahaan teknologi di Xiamen, Fujian, China. Mereka memasang kamera pengawas di atas bilik toilet sehingga bisa memantau karyawan selama jam istirahat mereka.

Advertisement

Melansir Oddity Central, mulanya ada foto-foto yang beredar di media sosial China terkait rekaman kamera di sebuah kamar mandi perusahaan. Foto-foto itu kemudian menjadi perbincangan warganet di sana.

Dalam foto itu, tampak "tindakan disiplin" yang diduga dilakukan oleh bagian sumber daya manusia di kantor tersebut. Rupanya, ada dua karyawan yang dipecat dan yang ketiga dipukul dengan hukuman berat dan tunjangannya dipangkas menjadi nol.

Setelah viral, perusahaan itu pun mengeluarkan pernyataan bahwa mereka mengakui bahwa foto-foto itu berasal dari kamera pengintai di toilet perusahaan yang bocor. Namun, mereka berdalih bahwa kamera itu dipasang untuk memantau karyawan yang merokok di toilet.

Memang benar bahwa orang dalam foto yang beredar memegang rokok yang menyala di tangan mereka. Namun, terlepas dari motif perusahaan, warganet mengecam tindakan perusahaan yang tidak menghargai privasi karyawan. Pasalnya, saat jam istirahat bahkan di dalam bilik toilet pun, kegiatan mereka masih saja diawasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Baru Bebas dari Penjara, Mantan Wali Kota Blitar Jadi Dalang Perampokan Rumah Wali Kota

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement