Advertisement

Trik Saat Kembang Kempis di Tanggal Tua

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 21 November 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Trik Saat Kembang Kempis di Tanggal Tua Foto ilustrasi - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Memasuki tanggal tua atau akhir bulan seperti ini, keuangan menjadi masalah yang krusial. Hal ini dialami siapa saja, baik yang masih sendiri maupun bagi yang sudah berkeluarga.

Menjelang akhir bulan, gaji sudah semakin menipis. Jika tidak diatur dengan cermat, bisa jadi keuangan akan ludes sebelum akhir bulan.

Advertisement

Untuk itu perlu trik agar kondisi keuangan tetap aman meski di tanggal tua. Bagaimana caranya?

1. Jangan sepelekan uang receh

Uang receh atau uang koin bisa menjadi penyelamat saat tanggal tua. Mungkin ada di antara kalian yang memandang sebelah mata uang koin tersebut saat awal bulan. Ada yang cuek meski ada pecahan koin Rp500 atau bahkan Rp200 di atas meja. Namun jangan diremehkan, kumpulan pecahan koin bernominal kecil itu jika dikumpulkan juga dapat digunakan untuk membeli beras meski hanya 1 kg. Untuk itu, kumpulkan uang recehan dan kelolanya untuk akhir bulan.

2. Memasak sendiri

Perempuan yang masih sendiri atau sudah berkeluarga, penting untuk memasak sendiri saat akhir bulan. Jangan mengandalkan jajan atau membeli makanan secara online karena harganya tentu lebih mahal. Lain halnya jika kamu mau memasak sendiri. Bahan-bahan memasak akan lebih murah dan porsi yang dihasilkan juga lebih banyak dan bisa dinikmati untuk orang serumah.

3. Nebeng teman kantor

Saat ini harga bahan bakar minyak sudah naik. Untuk Pertalite saja dijual Rp10.000 per liter. Tentu bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bekerja dan menempuh jarak yang cukup jauh, pengeluaran khusus untuk BBM menjadi hal yang utama. Namun jika Anda memiliki teman kantor yang rumahnya dekat denganmu, kamu bisa sesekali nebeng dengannya untuk sedikit menghemat pengeluaran di tanggal tua.

4. Berburu diskon

Tanggal tua bukan berarti dilarang untuk belanja. Carilah promo besar-besaran alias diskonan baik di marketplace maupun di toko offline. Diskon yang hanya 10% atau 20% akan membantu keuanganmu di akhir bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement