Advertisement

Kulit Berjerawat Tetap Butuh Pelembap

Newswire
Selasa, 01 November 2022 - 02:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Kulit Berjerawat Tetap Butuh Pelembap Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Orang-orang yang berjerawat biasanya merasa kulitnya tidak membutuhkan pelembap. Padahal, kulit yang berjerawat tetap bisa kering.

"Moisturizer [pelembap] walau berjerawat tetap dibutuhkan. Bisa saja berjerawat karena kulit kering atau terlampau kering," kata dokter estetik Kartika Mayasari dikutip dari Antara, Selasa (1/11/2022).

Advertisement

Saat ini bahkan ada produk pelembap yang khusus diperuntukkan untuk kulit berjerawat.

Dalam pengobatan jerawat, orang perlu menggunakan sesuatu yang menargetkan kelenjar sebaceous dan folikel mereka. Biasanya, dokter akan meresepkan satu atau mungkin lebih dari perawatan mengandung benzoil peroksida, retinoid atau asam salisilat.

Semua perawatan ini cenderung mengeringkan kulit, sehingga dokter biasanya juga akan turut meresepkan pelembap yang aman untuk kulit dengan jerawat ini.

Menurut WebMD, pelembap selain mengimbangi efek perawatan jerawat, juga dapat bermanfaat menciptakan penghalang fisik di atas lapisan atas kulit sehingga produksi sebum berkurang. Selain itu, pelembap juga dapat menenangkan kulit.

Kartika mengatakan, kulit berjerawat merupakan satu dari tiga permasalahan kulit yang umum dia temui di kliniknya, selain flek hitam dan kulit kusam.

Founder Ambrosiaskin itu mengatakan sebanyak 60% pasien yang datang ke kliniknya juga ingin mencerahkan kulit mereka karena mengalami flek hitam.

"Flek hitam karena paparan matahari, hormonal dan aging. Skincare tidak bisa menghilangkan tetapi menyamarkan," kata Kartika.

Dia menuturkan, pengaplikasian pelembap dilakukan setelah seseorang mencuci wajah menggunakan sabun khusus atau facial wash, toner dan serum.

Setelah pelembap, lalu oleskan krim pagi atau krim malam yang mengandung tabir surya.

"Intinya sunscreen terakhir. Untuk toner kalau untuk double cleansing pakai kapas, tetapi kalau untuk mendapatkan kesegaran dan fungsi toner bisa ditepuk-tepuk saja," sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement