Advertisement

Suhu Dingin Bikin Beser? Kenali Penyebabnya..

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 21 Oktober 2022 - 12:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Suhu Dingin Bikin Beser? Kenali Penyebabnya.. Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Banyak orang mengeluhkan sering buang air kecil alias beser saat kondisi suhu udara sedang dingin. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun mengalami hal ini. 

Lantas apa sebenarnya penyebabnya?

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dilansir dari Alodokter, kondisi ini dinamakan cold diuresis. Kondisi ini terjadi saat suhu terlampau dingin sehingga membuat tekanan darah naik sebagai respon tubuh untuk mempertahankan diri. Oleh karena itu tubuh juga akan mengirimkan sinyal ke ginjal untuk membuang kelebihan cairan didalam tubuh, itulah kenapa kita akan sering pipis saat suhu dingin.

Baca juga: Anak Demam? Coba Beri Ramuan Herbal Penurun Demam Ini

Suhu dingin juga akan menyebabkan fungsi protein tertentu dalam tubuh menjadi terganggu. Protein yang terganggu tersebut bernama aquoporin. Saat dingin aquoporin menahan masuknya air ke dalam sel, sehingga kondisi tersebut akan dibaca oleh tubuh sebagai pertanda terlalu banyaknya air pada aliran darah, sehingga ginjal akan bekerja dan sering membuang kelebihan cairan lewat air kencing.

Cold diuresis juga terjadi karena saat suhu dingin keringat tidak diproduksi, maka tubuh mengalihkan ke proses yang lain dalam melancarkan sistem prespirasi tubuh (proses menguap atau keluarnya air dari kelenjar keringat). Sehingga cara lain bagi tubuh untuk membuang air selain dari keringat adalah melalui urin/ kencing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Otorita IKN Nusantara Bentuk BUMN

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 08:07 WIB

Advertisement

alt

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement