Advertisement

Diduga Menyebabkan Gagal Ginjal, Etilen Glikol Ternyata Bahan Pendingin Radiator Mobil

Hesti Puji Lestari
Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
Diduga Menyebabkan Gagal Ginjal, Etilen Glikol Ternyata Bahan Pendingin Radiator Mobil Ilustrasi obat sirup. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gagal ginjal akut yang diderita anak-anak menjadi fokus utama pemerintah saat ini. Kemenkes tengah melakukan penelitian terhadap obat sirup yang dijual di Tanah Air terkait hal tersebut.

Wamenkes bahkan telah mengonfirmasi jika belasan obat sirup di tanah air mengandung Etilen Glikol. Kandungan inilah yang menjadi penyebab banyaknya anak-anak menderita gagal ginjal di Gambia.

Advertisement

Empat produk parasetamol yang mengandung dua bahan itu di Gambia adalah Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup yang diproduksi oleh Maiden Pharmaceuticals Limited, India.

Namun, BPOM telah menjelaskan, bahwa keempat produk obat yang sebabkan kematian anak di Gambia tersebut, tidak beredar di Indonesia, dan hingga saat ini produk dari produsen Maiden Pharmaceutical Ltd, India tidak ada yang terdaftar di BPOM.

Meski demikian, Kemenkes tetap mewaspadai adanya cemaran di obat sirup yang beredar di RI ini.

Etilen glikol (C2H6O2) adalah alkohol beracun yang umumnya ditemukan di berbagai agen rumah tangga dan industri. Kandungan ini bisa juga digunakan sebagai zat pelarut.

Ciri-ciri cairan ini tidak berwarna dan memiliki rasa yang manis. Namun, tidak seperti rasanya, NCBI menyebut, paparan etilen glikol justru berbahaya dan jika tidak ditangani akan berkaitan dengan penyakit ataupun kematian akibat penyakit.

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh fakultas mesin di salah satu Universitas Slowekia, Etilen Glikol adalah senyawa yang digunakan untuk mendinginkan radiator mesin.

BACA JUGA: Kemenkes: 99 Anak Meninggal Karena Gagal Ginjal Akut

"Etilen glikol [antibeku] digunakan dalam pendinginan radiator mobil selama musim dingin karena memiliki titik beku yang jauh lebih rendah daripada air," bunyi jurnal tersebut.

"Panas spesifik antibeku [murni atau dicampur dengan air] lebih rendah daripada air murni. Tetapi di musim panas air di radiator mobil berfungsi sebagai pendingin," tambahnya.

Jika memang Etilen Glikol yang digunakan di obat sirup mirip dengan yang digunakan di radiator kendaraan, maka tak heran jika obat sirup membahayakan ginjal anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Demo Aremania Ricuh, Polisi: Ada 3 Orang Alami Luka-Luka

News
| Minggu, 29 Januari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement