Advertisement

Ini 7 Camilan Berbahaya untuk Penderita Diabetes

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 18 September 2022 - 06:37 WIB
Sirojul Khafid
Ini 7 Camilan Berbahaya untuk Penderita Diabetes Donat - fanpop.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Untuk penderita diabetes seringkali diingatkan untuk menjauhkan atau mengurangi konsumsi makanan manis dan tinggi gula. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah dalam tubuhnya.

Selain mengurangi nasi, dilansir dari Eat This, ada juga camilan yang harus dihindari karena bisa berbahaya berikut ini:

Advertisement

1. Permen

Bahkan pilihan permen bebas gula pun tidak bagus untuk penderita diabetes.

Permen biasanya hanya mengandung gula, dan biasanya tidak banyak mengandung lemak, serat, atau protein. Oleh karena itu begitu seseorang mengonsumsi permen lolipop atau gummy bear favoritnya misalnya, gula dalam permen itu akan cepat diserap tubuh dan akan lonjakan gula darah orang tersebut.

2. Es krim

Es krim tinggi gula dan lemak, dan rendah protein dan serat. Kandungan lemak akan menunda lonjakan gula sedikit saja. Namun, mungkin sulit bagi orang yang menggunakan insulin jika ini dikonsumsi sendiri."

Jika Anda benar-benar menginginkan es krim, cobalah beberapa pilihan ramah gula darah yang hadir dengan sedikit gula dan sedikit lebih banyak protein.

BACA JUGA: Cara Terapkan Pola Makan Sehat Dalam Kehidupan Modern yang Serba Praktis

3. Scone

Jika memesan scone mentega di toko roti atau kedai kopi lokal Anda adalah pasangan kopi pilihan Anda, itu bisa berakibat buruk bagi diabetes Anda.

Scone itu tidak hanya sarat dengan karbohidrat sederhana (tepung putih dan gula), tetapi juga mengandung banyak mentega, yang sangat tinggi lemak jenuhnya. Bagi siapa pun dengan diabetes, kombinasi ini bukanlah pilihan yang paling sehat. lebih rentan untuk mengembangkan penyakit jantung, dan mungkin juga memiliki komorbiditas tambahan seperti kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi.

4. Jus buah

Jus biasanya tinggi karbohidrat, yang akan segera meningkatkan gula darah Anda. Mereka baik dikonsumsi hanya jika Anda mengalami banyak gula rendah (hipoglikemia)."

5. kue

Lembab, manis dan sarat dengan frosting-kue adalah salah satu makanan penutup paling dekaden yang bisa Anda miliki, yang juga membuatnya sulit untuk diabetes.

Kue tidak hanya diisi dengan gula, tetapi juga mengandung isian seperti krim, custard, ditambah icing dan frosting di atasnya. Semua ini sarat dengan gula, dan lemak jenuh yang tidak sehat.

Kedua komponen ini tidak ideal untuk dikonsumsi secara teratur dengan penderita diabetes, jadi sebaiknya batasi kue hanya untuk acara-acara khusus seperti ulang tahun, karena beberapa kue juga bisa sangat tinggi kalori totalnya. diet sehat untuk siapa saja dengan diabetes.

BACA JUGA: Benarkah HIV Bisa Menular Lewat Gigitan Nyamuk?

6. Cinnamon Rolls

Cinnamon rolls dan honeybuns dibuat dengan gula dan tepung halus dan dilapisi lapisan gula yang akan dengan cepat meningkatkan kadar gula darah.

7. Donat

Donat (dan sebagian besar kue kering) adalah makanan tinggi gula dan lemak lainnya yang mungkin rendah protein dan serat - dan sementara lemak menunda lonjakan gula darah, kue-kue ini bukan pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement