Advertisement

Observatorium Bosscha Protes Lantaran Tak Terlibat di Pengabdi Setan 2, Joko Anwar: Ini Fiksi

Restu Wahyuning Asih
Selasa, 16 Agustus 2022 - 03:37 WIB
Sirojul Khafid
Observatorium Bosscha Protes Lantaran Tak Terlibat di Pengabdi Setan 2, Joko Anwar: Ini Fiksi Joko Anwar - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Film Pengabdi Setan 2: Communion memiliki banyak hal menarik untuk dibahas. Berkat film tersebut, netizen pun menyoroti adanya bangunan mirip Observatorium Bosscha yang ada di Lembang, Jawa Barat.

Dalam Pengabdi Setan 2 sendiri, Observatotium Bossca menjadi latar tempat seorang jurnalis bernama Budiman menemukan sejumlah mayat.

Advertisement

Namun baru-baru ini, pihak pengelola Observatotium Bossca melakukan protes terhadap tim produksi Pengabdi Setan 2. Mereka mengaku sama sekali tak terlibat dengan pembuatan film horor yang disutradarai oleh Joko Anwar itu. Pihaknya pun berpendapat bahwa film Pengabdi Setan 2 memberi kesan yang tidak benar bagi Observatorium Bosscha.

"Observatotium Bossca sama sekali tidak terlihat dalam produksi film bernuansa horror yang tengah beredar. Kami amat menyesalkan pemunculan gambar yang dengan segera orang kenali sebagai ikon Observatotium Bossca yang memberi kesan tidak benar tentang Observatotium Bossca," tulis akun Instagram bosschaobservatory pada Kamis (11/8/2022) lalu.

Sejalan dengan itu, Joko Anwar pun memberikan jawaban mengenai bangunan mirip Observatotium Bossca yang ditampilkan dalam film buatannya.

"Kami tidak pernah bilang itu Bosscha, enggak pernah kami bilang itu Bosscha atau bukan,” kata Joko Anwar dalam diskusi terbuka dengan penggemar di Yogyakarta pada Sabtu (13/8).

Menurutnya, tak seharusnya Observatotium Bossca terganggu dengan adegan film Pengabdi Setan 2 karena hal tersebut hanyalah fiksi belaka.

Terkait dengan adegan adanya mayat-mayat yang ada di dalam gedung mirip Bosscha, seharusnya tak menjadi masalah yang serius. “Tapi tetap kami tidak pernah bilang kalau itu adalah Bosscha. Ini kan film fiksi ya,” lanjut Jokan.

Protes yang dilayangkan oleh Observatorium Bosscha itu pun mendapat beragam reaksi dari netizen. Ada yang menanggapi dengan positif, ada juga yang mengingatkan bahwa seharusnya masalah tersebut tak perlu dibawa serius. 

"Saya sangat senang ke Bosscha. Saya lebih takut tidak bisa mengamat dan mendapatkan data dengan teleskop! We love Bosscha," tulis seorang netizen. 

"Ini cuma film, chill," tulis netizen lain. 

Ada juga yang mengomentari, "Meski klaim sebuah karya seni hanya fiksi belaka, nyatanya ada beragam komentar dan spekulasi yg semakin ngawur di luar sana tentang bosscha. Alhamdulillah akhirnya telah diluruskan, InsyaAllah ini langkah tepat," 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement