Advertisement

Sudah Daftar KIP Tapi Gagal Lolos SNMPTN? Tenang, Lakukan Ini Agar Tetap Dapat KIP

Jumali
Kamis, 07 April 2022 - 05:47 WIB
Jumali
Sudah Daftar KIP Tapi Gagal Lolos SNMPTN? Tenang, Lakukan Ini Agar Tetap Dapat KIP Ilustrasi beasiswa - Ist/mmhealth.org

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan daftar siswa yang lolos SNMPTN 2022. Lalu bagaimana dengan siswa yang sudah terdaftar sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) , namun gagal seleksi SNMPTN, apakah masih ada peluang lain?

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek, Abdul Kahar, menyatakan, siswa yang sudah mendaftar dan layak memperoleh KIP Kuliah namun tidak lolos di SNMPTN, masih berpeluang memanfaatkan bantuan dari pemerintah tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Para pendaftar KIP Kuliah tinggal mengganti pilihan jalur seleksi ke SBMPTN, Ujian Mandiri, SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri), dan jalur lainnya, termasuk seleksi di perguruan tinggi swasta, " kata Abdul Kahar dikutip dari laman resmi Puslapdik, Rabu (6/4/2022).

Dikatakan Abdul Kahar, persyaratan dan mekanisme pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 masih sama dengan tahun kemarin. Tidak ada perubahan signifikan yang terjadi. Pendaftaran KIP Kuliah 2022 sendiri mulai dibuka sejak 2 Februari sampai dengan 31 Oktober 2022.

Dalam kesempatan lain, Tim Teknis KIP Kuliah Puslapdik, Soni Hartono Wijaya, mengutarakan, bagi pendaftar KIP Kuliah yang gagal di SNMPTN dan ingin mencoba seleksi di SBMPTN atau jalur lain, tidak perlu membuat akun baru.

Akun KIP Kuliah itu, kata Soni, bisa dipakai untuk daftar di semua jalur seleksi. “Tidak perlu akun baru untuk masing-masing seleksi. Cukup satu akun saja,”lanjut Soni dalam Ruang Cakap Pagi Puslapdik bertemakan KIP Kuliah, beberapa waktu lalu.

Begitu juga bagi bagi pendaftar KIP Kuliah yang pernah gagal ditahun sebelumnya dan ingin kembali daftar di tahun ini, masih bisa mempergunakan akun yang lama di tahun sebelumnya. “Akun KIP Kuliah ini sifatnya multiyear, hanya memang perlu pembaruan dengan kembali mengisi NISN, NPSN, dan NIK karena tahunnya berbeda serta alamat email yang valid, “katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun di 2023 Ditarget 5.379 Unit, Termasuk untuk Pekerja IKN

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement