Advertisement

Selamat Datang April, Kenali Sejarah dan Asal-usul April Mop!

Feni Freycinetia Fitriani
Jum'at, 01 April 2022 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Selamat Datang April, Kenali Sejarah dan Asal-usul April Mop! Ilustrasi April Mop - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -1 April diperingati sebagai April Mop di seluruh dunia. Ini adalah hari yang didedikasikan untuk tawa, lelucon, dan kebahagiaan tanpa batas. Berikut sejarah dan asal-usul April Mop atau April Fools' Day. 

Biasanya, saat April Mop, orang-orang mengerjai atau mengungkapkan lelucon. Pada kesempatan ini, orang datang dengan ide-ide lucu untuk mengejutkan orang yang mereka cintai atau teman. Mereka kemudian mengungkapkan pada akhirnya bahwa itu semua palsu dan hanya untuk meramaikan April Mop. 

Advertisement

Siapa sangka, April Mop ternyata dirayakan oleh masyarakat yang berasal dari berbagai budaya selama berabad-abad. Ada yang mengatakan bahwa April Mop pertama kali dirayakan di Eropa. 

Sejarah April Mop 

Mengapa kita merayakan hari ini atau kapan budaya ini dimulai? Nah, asal usul April Mop yang tepat masih menjadi misteri hingga saat ini. Dilansir dari NDTV pada Jumat (1/4/2022). tidak ada yang tahu siapa sebenarnya yang memulai atau menemukan April Mop. 

Namun, sejarawan berspekulasi bahwa itu berasal dari tahun 1582. Momen kembali pada saat Prancis beralih ke kalender Gregorian dari kalender Julian. April Mop mulai dirayakan setelah Paus Gregorius XIII memperkenalkan kalender Gregorian, dan menegaskan bahwa kalender baru akan dimulai pada 1 Januari. Namun, sebelum ini, Tahun Baru biasanya dirayakan pada akhir Maret.

Baca juga: Tips Bersihkan Rumah Jelang Ramadan

Pada zaman kuno, kalender didasarkan pada titik balik musim semi. Tahun baru dirayakan pada atau sekitar tanggal 1 April. Banyak tempat di Eropa, awal tahun baru dirayakan sekitar tanggal 25 Maret. Namun, setelah People Gregory menggeser tahun baru menjadi 1 Januari, diyakini banyak orang menolak untuk menerima perubahan drastis tersebut.

Entah mereka tidak mengetahuinya atau mereka hanya mengikuti kalender lama. Itulah alasan mengapa orang pada umumnya mulai mengejek orang-orang yang mengikuti kalender tradisional dan merayakan April Mop.

Paus Gregorius XIII/Wikipedia 

Hilaria di Roma Kuno

Sejarawan juga menghubungkan Hari April Mop dengan festival seperti Hilaria (Latin untuk kegembiraan), yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. Ini melibatkan orang-orang berdandan dalam penyamaran dan mengejek sesama warga dan bahkan hakim dan dikatakan terinspirasi oleh legenda Mesir Isis, Osiris dan Seth.

Vernal Equinox dan April Mop

Selain itu, ada pula kalangan yang berspekulasi bahwa Hari April Mop terkait dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di Belahan Bumi Utara, ketika Alam membodohi orang dengan cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi.

April Mop di Inggris 

Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi menjadi acara dua hari, dimulai dengan "berburu gowk", di mana orang dikirim untuk tugas palsu (gowk adalah kata untuk burung kukuk, simbol untuk orang bodoh). 

Hal itu diikuti oleh Tailie Day, yang melibatkan pranks dimainkan di pantat orang, seperti menjepit ekor palsu atau tanda "tendang saya" pada mereka.

Lelucon atau Prank April Mop

Di zaman modern, orang telah berusaha keras untuk membuat tipuan Hari April Mop yang rumit. Surat kabar, stasiun radio dan TV, serta situs web telah berpartisipasi dalam tradisi 1 April yang melaporkan klaim fiktif keterlaluan yang telah membodohi audiens mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tahan Pengunjuk Rasa Pro Palestina di Washington

News
| Kamis, 25 Juli 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement