Advertisement

Lakukan Ini Agar Tidak Terlilit Utang di Umur 20-an

Jessica Gabriela Soehandoko
Rabu, 30 Maret 2022 - 08:47 WIB
Jumali
Lakukan Ini Agar Tidak Terlilit Utang di Umur 20-an Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Umur 20-an menjadi awal yang baik untuk Anda, untuk membangun finansial yang sehat. Anda dapat mencoba untuk memanfaatkan uang Anda dengan efektif dan maksimal, dan tentunya dapat menjadi manfaat untuk di masa depan. Lantas, tips finansial apa yang bisa Anda terapkan di umur 20-an Anda?

1. Hindari kartu kredit

Advertisement

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan keuangan Anda secara finansial adalah menghindari hutang kartu kredit. Pastikan Anda telah memiliki uang sebelum mengajukan pinjaman.

2. Hanya pinjam yang Anda butuhkan untuk pendidikan

Meskipun Anda perlu meminjam untuk mendanai pendidikan Anda, namun jangan mengambil lebih dari yang Anda butuhkan. Perlu diketahui bahwa semakin kecil hutang Anda, maka akan semakin lebih baik.

3. Bayar tagihan

Anda tepat waktu Semakin Anda dewasa, maka Anda harus lebih bertanggung jawab atas diri Anda sendiri. Untuk itu Anda perlu membayar semua tagihan Anda tepat waktu.

4. Bukalah rekening untuk tabungan

Carilah rekening tabungan yang dapat menawarkan Anda untuk mendapatkan pengembalian yang tinggi. Namun pastikan untuk melihat apakah instansi tersebut sudah valid dan terdaftar.

5. Bukalah akun untuk pensiun

Semakin Anda cepat untuk menabung untuk masa pensiun, maka tentunya hal ini akan semakin baik untuk Anda, untuk hidup sesuai dengan keinginan atau rencana Anda.

6. Belajar berinvestasi

Belajarlah bagaimana untuk memanfaatkan uang Anda untuk meningkatkan pengembalian Anda, dan menggunakan saham dividen untuk keuntungan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement