Advertisement

Kenapa Serangan Jantung Terjadi pada Usia Muda & Orang yang Terlihat Sangat Sehat?

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 05 November 2021 - 14:57 WIB
Bhekti Suryani
Kenapa Serangan Jantung Terjadi pada Usia Muda & Orang yang Terlihat Sangat Sehat? Ilustrasi serangan jantung

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak kasus orang yang terlihat sehat tiba-tiba meninggal dunia karena serangan jantung. Kabar ini tentu saja mengagetkan karena Anda mengetahui mereka terlihat sangat fit selama ini.

Ternyata ini ada alasannya. Berolahraga, terutama olahraga sedang hingga berat tanpa mengetahui kondisi jantung yang mendasarinya tidak baik. Ini menjadi salah satu penyebabnya.

Advertisement

Dr. Sanjay Mittal Director Clinical and Preventive Cardiology, Heart Institute, Medanta menjelaskan,setiap obat adalah racun jika diberikan pada waktu dan dosis yang salah, begitu juga dengan olahraga. Latihan tertentu pada orang normal juga dapat meningkatkan risiko kelainan tertentu. Hal ini dapat terbukti fatal di kali.

Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi diri Anda sebelum melakukan olahraga berat. Ada kategori tertentu orang yang berolahraga dapat memicu serangan jantung. penyempitan katup aorta, jika ada anomali sirkulasi jantung, itu berarti arteri jantung berasal dari sinus yang salah; ketidakteraturan listrik jantung dapat mempengaruhi seseorang untuk pingsan setelah berolahraga.

Sebaiknya evaluasi diri Anda sebelum melakukan olahraga berat. Masalah tidak terdeteksinya penyakit jantung adalah masalah yang sangat serius.

Dr Mittal membagikan beberapa tanda yang tidak boleh diabaikan:

1. Jika seseorang merasa pusing atau pusing saat berolahraga, Anda harus terlebih dahulu mengevaluasi diri sendiri.
2. Jika Anda hipertensi (hipertensi ekstrem), penting untuk mengontrol tekanan darah Anda dan kemudian berolahraga
3. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan seorang anak muda yang tiba-tiba pingsan tanpa peringatan, Anda mungkin membawa gen yang membuat Anda rentan terhadap keruntuhan tertentu, jadi lakukan EKG
4. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan dada, sesak napas yang tidak semestinya, evaluasi diri Anda
5. Obat peningkat kinerja dapat menyebabkan ketidakteraturan jantung dan kolaps dan bahkan serangan jantung

Dr. Rajesh Thachathodiyl, Profesor dan Kepala, Departemen Kardiologi Dewasa, Rumah Sakit Amrita, Kochi menambahkan, sebelumnya, serangan jantung dikenal sebagai penyakit penuaan dan biasanya, orang di atas usia 60 tahun rentan terhadapnya.

Selain itu, meskipun Anda terlihat sangat bugar dan sehat dari luar, di dalam tubuh Anda dapat timbul penyakit yang sama sekali tidak Anda sadari.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan serangan jantung atau serangan jantung pada populasi muda, yang paling utama adalah stres yang memicu masalah seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, insomnia, kebiasaan makan yang buruk, dan tidak mengikuti gaya hidup sehat.

Sebelum skenario kerja-dari-rumah ini, kebanyakan orang biasa bepergian ke kantor mereka dan mengunjungi banyak tempat, dan karenanya gerakan tubuh aktif. Setelah pandemi melanda, rutinitas aktif semua orang berhenti dan sekarang gaya hidup lesu inilah yang diadaptasi oleh anak-anak muda dengan duduk sepanjang hari di depan komputer dan kemudian TV.

Juga, ketika Anda memiliki riwayat kesehatan keluarga penyakit jantung, Anda harus ekstra hati-hati dengan gaya hidup Anda.

Berolahraga dan menjaga pola makan sehat sampai batas tertentu itu baik, tetapi di luar itu, Anda perlu berhati-hati, latihan yang ketat hanya dapat direncanakan setelah pemeriksaan jantung menyeluruh. Sarannya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur dan mengetahui apa yang terjadi di dalam tubuh Anda dan biarkan para ahli memberikan saran, alih-alih Anda menjadi tuan bagi diri Anda sendiri.

Pada saat gejala gangguan jantung mulai muncul, penyakit ini terkadang sudah berada pada stadium lanjut. Dr Santosh Kumar Dora, Ahli Jantung Senior, Institut Jantung Asia, Mumbai menjelaskan, ketidaknyamanan dada saat beraktivitas atau sesak napas menunjukkan kemungkinan masalah jantung dan kemudian tes lebih lanjut diperlukan untuk menentukan penyebabnya.

"Tes skrining berkala diperlukan untuk mengetahui masalah pada tahap awal, sehingga pengobatan yang tepat dapat diberikan sebelum kerusakan signifikan pada jantung terjadi. Tes skrining yang umum adalah EKG, ekokardiogram 2D, tes stres, CT scan untuk kalsium koroner. Tes skrining jantung dianjurkan setahun sekali atau sekali dalam 2 tahun setelah usia 40 tahun pada populasi umum atau setelah usia 30 tahun pada populasi berisiko tinggi," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement