Advertisement

Tak Harus Mahal, Ini Tips New Normal Murah dari Hasto Wardoyo

Nina Atmasari
Kamis, 11 Juni 2020 - 19:47 WIB
Nina Atmasari
Tak Harus Mahal, Ini Tips New Normal Murah dari Hasto Wardoyo Ist/Twitter BKKBNofficial

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Presiden Joko Widodo menyerukan agar seluruh elemen masyarakat beradaptasi dalam tatanan hidup new normal bersama Covid-19.

Dalam tatanan kehidupan ini, ada sejumlah barang yang wajib dibawa oleh warga yang akan beraktivitas saat di luar rumah. Barang-barang ini bertujuan sebagai pendukung upaya pencegahan penularan virus corona.

Advertisement

Dengan adanya penambahan barang-barang yang harus dibawa saat keluar rumah, tentunya ada pengeluaran tambahan yang harus dialokasikan untuk menyiapkan kebutuhan tersebut. Dengan demikian, muncul anggapan bahwa new normal akan membutuhkan biaya lebih besar daripada sebelumnya.

Menanggapi anggapan tersebut, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memberikan tips pola hidup new normal secara murah, sehat, selamat dan aman.

Instansi yang dipimpin oleh Hasto Wardoyo, mantan Bupati Kulonprogo tersebut menunjukkan sejumlah benda yang wajib dibawa saat keluar rumah di masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, untuk new normal dan new protokol murah dan sehat ala Indonesia, mereka menganjurkan banyak berjemur dan tidak berada di ruang AC terus menerus sehingga biaya hidup lebih murah.

Olahraga yang dilakukan seperti lari, jalan dan bersepeda juga sangat murah. Jika ingin minum vitamin, gunakan produk lokal seperti buah dan sayur yang lebih murah daripada produk impor.

Gunakan masker yang bisa dicuci sehingga bisa dipakai kembali. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan dapat dilakukan menggunakan bahan alami yang bisa dibuat sendiri.

Terakhir, acara begadang, nongkrong dan acara adat atau ritual bisa disederhanakan atau diganti secara virtual sehingga lebih murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yasonna Mengaku Mengedepankan Aspek HAM dalam Menangani Pengungsi Rohingya

News
| Senin, 11 Desember 2023, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement