Polisi Selidiki Dugaan Penistaan Agama di The Sounds Project
Polisi menyelidiki dugaan penistaan agama di The Sounds Project Ancol setelah video tantangan hafal surah viral di media sosial.
Ilustrasi Miras (JIBI)
Harianjogja.com, JOGJA--Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui dampak alkohol pada tubuh manusia. Tim gabungan peneliti dari Inggris dan China melakukan penelitian ini kepada 500.000 orang di China selama 10 tahun penuh.
Mengutip BBC, penelitian yang dimuat oleh The Lancet ini diklaim relevan bagi seluruh populasi di dunia dan menjadi bukti terbaik terhadap efektifitas pengonsumsian alkohol.
Para peneliti yang berasal dari University of Oxford, Peking University dan Chinese Academy of Medical Sciences menemukan bahwa mengonsumsi satu atau dua minuman berakohol setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena stroke sebanyak 10-15%.
Sementara meminum empat minuman beralkohol setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena stroke hingga 35 persen.
Untuk alasan penelitian ini, satu minuman beralkohol berarti segelas kecil anggur atau wine, sebotol bir, dan segelas minuman alkohol lainnya.
Pun menurut Prof David Spiegelhalter dari University of Cambridge. Kata David, jumlah total peningkatan risiko dari setiap setengah botol wine per hari adalah 38%.
"Ini seperti efek berlawanan dari penggunaan statin", kata David mengacu pada obat yang diresepkan oleh dokter untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah serangan jantung serta stroke.
Hasil penelitian gabungan tersebut juga menunjukkan tidak ada bukti bahwa minum alkohol secara moderat dapat memberikan efek baik, dalam kata lain mengurangi risiko stroke.
"Klaim bahwa wine dan bir memiliki efek perlindungan magis itu tidak benar," kata penulis studi Prof Richard Peto, seorang profesor statistik medis dan epidemiologi di University of Oxford.
Mengenai alkohol yang terkait penyakit jantung, peneliti mengatakan bahwa belum ada hasil jelas dan itu tentu membutuhkan penelitian tersendiri.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Harian Jogja, dan edisi cetak versi elektronik kami hadir di Epaper Harian Jogja.
Sumber : suara.com
Polisi menyelidiki dugaan penistaan agama di The Sounds Project Ancol setelah video tantangan hafal surah viral di media sosial.
Prediksi PSG vs Aston Villa di Piala Super Eropa 2026, lengkap dengan head to head, susunan pemain, dan peluang kedua tim.
Transformasi TelkomGroup Mulai Tunjukkan Hasil, InfraNexia Catat Kinerja Positif Perkuat Infrastruktur Digital Nasional
Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung meminta dugaan penistaan agama di festival musik Ancol diproses hukum.
Program beasiswa santri dan pengasuh pondok pesantren tahun 2026 yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, membuka peluang dan harapan
Produksi perikanan budi daya Gunungkidul mencapai 7.119 ton hingga Juni 2026. Lele mendominasi dengan produksi lebih dari 6.168 ton.