Jika Stres, Redakan Dengan Makanan Ini

Jum'at, 08 Februari 2013 20:45 WIB
Jika Stres, Redakan Dengan Makanan Ini

http://images.harianjogja.com/2013/02/images1.jpg" alt="" width="264" height="191" />Anda stres dan ingin meredakannya? Silakan konsumsi makanan ini dan dijamin hati Anda akan tentram.

Beberapa makanan tersebut memiliki zat tertentu agar tidak membuat Anda stres atau memiliki kandungan zat yang mampu menentramkan hati.

Berikut makanan yang berkhasiat menghalau stres:

Teh
Tidak seperti kopi, teh memiliki zat yang malah menenangkan dan cenderung bisa membuat Anda tidur lelap. Meskipun beberapa varietas teh memiliki kandung kafein di dalamnya seperti teh hitam dan teh hijau, namun teh memang terbukti dapat membuat Anda sedikit relax.

Teh hijau mengandung asam amino yang disebut theanine, yang dikaitkan dengan pengurangan kecemasan dan cenderung membuat tidur. Studi di tahun 2006, ditemukan bahwa peminum teh hitam biasanya akan terhindar dari stress secara umum, kata WebMD.

Dark Chocholate

Studi pada 2009 menemukan bahwa pemakan cokelat yang makan cokelat secara teratur memiliki tingkat hormon stres Kortisol yang lebih rendah . Dark chocholate mengandung antioksidan dan flavonoid yang terkenal mampu merileks-an pikiran seseorang.

Lemak Ikan

Salmon, tuna, dan ikan lainnya yang kaya akan  omega-3 telah terbukti mengurangi stres. Tim peneliti dari Ohio State University meneliti sekelompok kecil mahasiswa kedokteran dan tanggapan fisik mereka terhadap kecemasan dan stres selama tahun ajaran.

Di antara mereka yang diberi sumplemen omega-3, mengalami penurunan kecemasan sebanyak 20 % dibandingkan siswa yang tetap stres karena tidak mengonsumsi omega-3

Havermut

Karbohidrat alami dapat meingkatkan mood Anda dengan cara memproduksi serotonin dalam otak. Biji-bijian dengan serat hanya akan memakan waktu lebih lama untuk dicerna meskipun akhirnya hal itu mampu menghasilkan serotonin, kata Judith Wurtman, Ph.D, co-writer The Serotonin Power Diet. Ia juga menambahkan bahwa semangkuk oatmeal di pagi hari bisa membuat Anda lebih rileks tanpa menambah berat badan Anda terlalu besar.

Buah Dengan Vitamin C

Studi tahun 2002 di Jerman menemukan bahwa dosis besar dan kuat dari vitamin C membantu orang bangkit kembali lebih mudah dari stres. Tekanan darah dan kadar kortisol menurun lebih cepat pada orang yang diberikan suplemen vitamin C daripada peserta studi diberi plasebo. Jadi mengonsumsi jeruk – atau salah satu makanan lain yang tinggi vitamin C bisa menjadi pilihan Anda terhindar dari stress. (JIBI/huffingtonpost/nj)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Harian Jogja, dan edisi cetak versi elektronik kami hadir di Epaper Harian Jogja.

Share

Laila Rochmatin
Laila Rochmatin Jurnalis Harian Jogja, bagian dari Bisnis Indonesia Group menulis untuk media cetak dan online