Anggaran Paskibraka Jateng Dipangkas, Kuota Tetap 45 Orang
Anggaran Paskibraka Jateng 2026 turun menjadi Rp500 juta-Rp600 juta. Kuota 45 peserta tetap dipertahankan untuk upacara HUT RI.
Durian - Ilustrasi/Freepik
Harianjogja.com, SURAKARTA—Durian, buah yang memiliki aroma khas ini rasanya manis dan lezat sehingga banyak yang menyukai durian. Terdapat kandungan senyawa nutrisi, seperti vitamin, mineral, antioksidan, dan serat dari buah durian.
Selain itu, durian kaya akan kalium, zat besi, vitamin C dan vitamin B. Hal ini membuat durian memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seseorang, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan sel darah merah, hingga menjaga kesehatan kulit.
Namun, ada pula yang menyebut buah durian bisa bikin darah tinggi atau hipertensi, benarkah demikian?
Seperti dikutip dari Solopos.com, jaringan Harianjogja.com dan Sobatnestle.co.id, pendapat yang menyatakan bahwa durian menyebabkan darah tinggi hanyalah mitos. Sebab menurut ahli jantung di Rumah Sakit Davao Doctors, Bernard Chiew, mengonsumsi durian rupanya tidak memicu tekanan darah melonjak.
BACA JUGA: Waspada! Bencana akibat Badai Anggrek Masih Mengintai DIY
Dikutip dari laman Edge Davao, salah satu spesialis jantung terkemuka di Davao ini mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan durian dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Properties. Studi ini menyelidiki korelasi antara asupan durian dan peningkatan tekanan darah dan detak jantung pada pria sehat.
Para peserta mengonsumsi plasebo 250 gram atau 500 gram daging durian. Tekanan darah dan detak jantung diukur pada berbagai interval hingga 24 jam. “Tekanan darah sistolik dan diastolik tetap normal untuk kelompok yang diberi durian,” kata studi tersebut.
“Namun, peningkatan signifikan dalam detak jantung diamati pada kelompok yang diberi 500 gram durian dalam waktu setengah hingga 2 jam. Asupan durian dalam jumlah sedang tidak mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung pada individu yang sehat.”
Meski tidak terbukti bisa bikin tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengonsumsi durian juga ada batasannya. Hindari mengonsumsi buah durian lebih dari 35 gram dalam satu kali makan atau sehari. 35 gram setara dengan dua biji durian, bukan dua buah.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Harian Jogja, dan edisi cetak versi elektronik kami hadir di Epaper Harian Jogja.
Sumber : Solopos
Anggaran Paskibraka Jateng 2026 turun menjadi Rp500 juta-Rp600 juta. Kuota 45 peserta tetap dipertahankan untuk upacara HUT RI.
Iran dikabarkan segera bergabung dengan New Development Bank milik BRICS di tengah tekanan sanksi dan konflik dengan AS serta Israel.
Cek 5 desil prioritas bansos PKH, BPNT, Sembako, dan BLT Kesra Rp900.000 lewat HP dengan NIK melalui situs resmi Kemensos.
Iran mengejek Donald Trump setelah operasi rahasia memindahkannya dari Air Force One ke pesawat C-32A saat meninggalkan Turki.
Hasil Liga Europa 2026/27, Benfica lolos ke play-off usai menahan Hearts, sedangkan Rangers tersingkir dari kompetisi.
Mendag meminta e-commerce mengutamakan produk lokal. Shopee merespons lewat 6 program untuk memperkuat daya saing UMKM di pasar digital.