Advertisement

Tips Hilangkan Noda Luntur Pada Pakaian

Jumali
Selasa, 08 Februari 2022 - 01:47 WIB
Jumali
Tips Hilangkan Noda Luntur Pada Pakaian Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJANoda luntur memang menjengkelkan. Karena terkadang noda tersebut menempel di pakaian yang kita suka dan yang biasa digunakan untuk kegiatan penting.

Tetapi, Anda tidak perlu terlalu kecewa dan membuang pakaian yang terkena noda luntur, sebab Anda bisa menerapkan cara menghilangkan noda luntur di bawah ini :

Advertisement

- Noda luntur dari pakaian lain

Jika noda luntur berasal dari warna pakaian lain, maka cara menghilangkan noda luntur adalah sebagai berikut :

1. Gunakanlah cuka dan tuang di bagian yang terkena noda luntur, lalu sikat perlahan menggunakan sikat gigi bekas.

2. Tambahkan sedikit baking soda sambil dicampur dengan deterjen. Sikatlah pakaian dan tambahkan air sedikit demi sedikit. Kemudian, rendam pakaian semalaman dengan cairan penghilang noda. Keesokan harinya, cuci dan bilas seperti biasa.

3. Usai dibilas, jemurlah pakaian tersebut. Jemur dengan jalan digantung dan lebarkan bagian-bagian kainnya yang kusut agar pakaian tidak rusak .

- Pada bahan kain putih

Rendamlah pakaian yang luntur ke dalam air berisi cairan pemutih selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dan ulangi hingga noda luntur pada pakaian putih sudah bersih. Cara menghilangkan noda luntur ini bisa juga diterapkan pada pakaian berwarna netral, tetapi pastikan coba dulu pada bagian kain yang tersembunyi untuk mencegah warnanya jadi berubah drastis.

- Pada bahan kulit

Gunakan pembersih khusus untuk bahan kulit dan tuang di bagian noda lunturnya untuk melembutkan tekstur kulit. Keringkan di dalam ruangan karena sinar matahari dikhawatirkan bisa merusak permukaan kulit.

Jika sudah, lap dan gosok bagian yang luntur untuk mengembalikan warna asli kulit. Kemudian, semprotkan produk perawatan untuk bahan kulit, termasuk yang anti air.

- Pada jeans

Gunakanlah bahan pembersih yang mengandung 3% hydrogen peroxide dan gunakan secukupnya pada area yang luntur. Setelah itu, bilas hingga bersih. Jika noda luntur masih membandel, tambahkan cairan klorin ke air, lalu rendam hingga 30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement