Advertisement

Pakar: Generasi Z Rentan Kesepian Saat Pandemi

Newswire
Minggu, 04 Oktober 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Pakar: Generasi Z Rentan Kesepian Saat Pandemi Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Generasi Z dinilai rentan mengalami kesepian selama pandemi Covid-19.

Kebijakan physical distancing atau jaga jarak fisik selama masa pandemi ternyata dapat memengaruhi kondisi psikologis seseorang.

Advertisement

Diketahui sebelumnya, salah satu kebutuhan dasar makhluk sosial adalah terhubung dengan orang lain, salah satunya menjalin komunikasi dengan teman dekat yang dipercaya dapat menimbulkan rasa bahagia.

Kualitas hubungan sosial yang positif dan bermakna, dipercaya merupakan salah satu kunci terbangunnya kebahagiaan seseorang. Ketika kebahagiaan terjaga, kita akan menjadi lebih sehat sehingga dapat menghadapi berbagai tantangan dengan lebih baik.

Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga, Saskhya Aulia Prima M.Psi. menjelaskan, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas hubungan sosial adalah dengan melakukan flow activity seperti membuat kerajinan memasak ataupun olahraga bersama teman secara virtual.

"Kegiatan seperti ini mendorong kita untuk memfokuskan tenaga dan waktu dalam menyelesaikannya, sehingga dapat membantu mengalihkan kita dari perasaan bosan ataupun kesepian. Kita bisa menikmati setiap tahap perkembangan, yang akan terasa lebih bermakna saat dijalani bersama teman ataupun orang terdekat," kata Saskhya seperti yang Suara.com kutip dari siaran pers NIVEA Lip Crayon, yang dibagikan baru-baru ini.

Saskhya juga mengungkapkan bahwa salah satu kelompok masyarakat yang paling membutuhkan koneksi dengan orang lain adalah generasi Z.

BACA JUGA: Bertambah 19 Positif,  Covid-19 di DIY Kini Total 2.791 Kasus

Mereka, kata Saskhya, cenderung lebih rentan merasa kesepian dan cemas karena sebagian besar dari mereka belum berkeluarga dan banyak dari mereka yang sedang meniti karir.

Saskhya pun menambahkan kiat untuk menghadapi masa sulit seperti saat pandemi Covid-19 seperti sekarang.

"Selain menjaga kualitas komunikasi dan hubungan dengan orang lain, merawat dan menjaga penampilan diri sendiri juga penting untuk dilakukan, sekalipun saat tidak melakukan kegiatan di luar rumah, karena penampilan diri yang terawat dapat membuat kita merasa lebih bahagia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement